Teknologi

Enterprise Resource Planning: Kapan Harus Digunakan?

157 views
Saturday, November 28, 2020

Menggunakan sistem Enterprise Resource Planning dalam bisnis Anda merupakan investasi yang besar. Itulah mengapa mengetahui apa itu Enterprise Resource Planning sangat berguna untuk Anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Nah, artikel ini akan membahas seputar Enterprise Resource Planning yang juga sering disebut ERP. Simak serba-serbinya di bawah ini!

Apa itu ERP?

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia memiliki arti Perencanaan Sumberdaya Perusahaan. Enterprise Resource Planning ini adalah sistem perangkat lunak modular yang dirancang untuk mengintegrasikan area fungsional utama dari proses bisnis perusahaan ke dalam satu sistem yang terpadu.

ERP men-standardisasi, menyederhanakan, dan mengintegrasikan proses bisnis seperti keuangan, sumber daya manusia, pengadaan, distribusi, dan departemen lainnya.

Awal kemunculan ERP

Perusahaan selalu berjuang untuk menyeimbangkan semua praktik mereka yang berbeda dengan mengorbankan sumber daya di tempat lain.Untuk waktu yang lama ini berarti perusahaan harus mempekerjakan staf tambahan untuk mengelola setiap departemen.

Jejak pertama Enterprise Resource Planning ditemukan di bidang manufaktur, dengan model Economic Order Quantity (EOQ), sistem penjadwalan berbasis kertas. Ini digantikan oleh alat perencanaan sumber daya material (MRP) yang dikembangkan pada akhir 1960-an yang akhirnya menjadi alat perencanaan sumber daya manufaktur (MRP II).

Praktik ERP modern dimulai pada 1990-an karena munculnya perangkat lunak komputer yang terintegrasi dengan operasi bisnis sehari-hari. Diciptakan oleh Gartner Group, istilah ini awalnya hanya berfokus pada alat digital baru yang memungkinkan produsen untuk mengelola hubungan rantai pasokan, mengontrol inventaris, mengotomatiskan akuntansi, dan banyak lagi.

ERP ditemukan di berbagai industri, tidak hanya manufaktur. Dan sejak awal mulanya, software ERP kini tersedia dari platform yang dihosting di Cloud.

Fungsi ERP

Mengapa banyak sekali perusahaan dan bisnis menggunakan ERP? Karena ERP sendiri sangat memudahkan kita dalam menangani berbagai macam masalah perusahaan seperti:

  • Untuk mengintegrasikan sistem keuangan

Dengan sistem yang terintegrasi, segala urusan perusahaan terkait keuangan akan menjadi satu sistem kesatuan yang membuat pengerjaannya sendiri menjadi lebih efisien tentunya. Dengan ERP yang memiliki Software Accounting, tentu masalah keuangan pada perusahaan Anda bukan lagi menjadi masalah yang memusingkan.

 

Baca Juga: INI DIA KELEBIHAN SAP BUSINESS ONE BAGI PELAKU BISNIS

  • Untuk mengelola dan menganalisis pelanggan

Kebanyakan sistem ERP menyediakan modul CRM untuk melacak semua interaksi pelanggan dan memberikan informasi terkait pesanan, pengiriman, pengembalian, permintaan layanan, dan lain-lain. ERP juga memungkinkan pengecer mendapatkan wawasan tentang perilaku dan kebutuhan pelanggan.

  • Untuk mengelola pesanan dan persediaan

Dengan sistem ERP, perusahaan dapat mengelola pesanan, produksi, persediaan, dan distribusi. Karena seluruh proses tersebut dikelola melalui satu sistem, maka keterlambatan dapat dihindari, persediaan selalu dalam tingkat yang mencukupi, dan permintaan pelanggan selalu terpenuhi dengan baik.

  • Untuk menangani pengadaan

Tanpa bantuan sistem terintegrasi, perusahaan akan kesulitan mengelola pembelian barang dan berkomunikasi dengan pemasok. Sistem ERP mengizinkan perusahaan untuk mengotomatiskan pembelian, mengontrol biaya yang dikeluarkan untuk pembelian barang, mempercepat pemesanan barang ke pemasok, dan lain-lain.

  • Untuk membuat berbagai laporan

Membuat laporan adalah tugas yang memakan banyak waktu. Namun dengan sistem Enterprise Resource Planning, laporan keuangan, pajak, penjualan, dan lain-lain dapat dihasilkan hanya dalam hitungan detik. Sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan laporan lengkap yang akurat yang dapat membantu pemangku kepentingan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Masih banyak lagi fungsi dari ERP yang dapat menguntungkan dalam pengerjaan masalah perusahaan yang tentunya sangat membantu dalam mengurus berbagai masalah perusahaan. Jadi, sudah sangat signifikan dampak ERP pada perusahaan yang sudah menerapkan ERP dan yang masih menggunakan sistem yang dikerjakan secara terpisah.

Kapan waktu yang tepat untuk memilih menggunakan ERP?

ERP sangat patut dipertimbangkan untuk masuk dalam daftar salah satu strategi bisnis di masa depan. Berikut adalah faktor yang dapat dijadikan tolak ukur ketika sudah saatnya Anda mempertimbangkan penggunaan solusi ERP:

  • Ketika anda memiliki banyak aplikasi bisnis yang berbeda, tapi semuanya tidak terhubung satu sama lain
  • Ketika perusahaan anda ingin memulai unit bisnis baru dan mencapai kegiatan operasional yang fleksibel dan efisien
  • Ketika anda sulit memiliki akses ke data dan informasi yang anda butuhkan untuk mengambil keputusan bisnis
  • Ketika anda merasa butuh untuk menjaga dan meningkatkan keamanan aset penting (data) bisnis anda

Sudah tahu kan mengenai ERP dan kapan Anda harus menggunakannya? Apabila masih ragu, konsultasikan saja pada BeOne Solution. Kami membantu perusahaan Anda untuk mencapai dan menjalankan praktik terbaik dalam operasi bisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *