Konstruksi

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur, sarana dan prasarana fisik yang dibangun untuk kebutuhan orang banyak. Seperti jalan tol, jembatan, gedung pencakar langit dan gedung besar lainnya. 

Perusahaan konstruksi memiliki banyak jenis dan berbagai kegunaannya. Bangunan yang memiliki berbagai jenis bentuk ini harus memiliki keamanan yang sangat ketat, selain itu harus memenuhi standar yang telah di tetapkan oleh berbagai pihak untuk keamanan bersama. 

Pemilihan bahan dasarnyapun tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan keamanan pembangunan. Pembelian bahan ini harus didapatkan dari sumber yang terpercaya dan saat pengiriman dapat dipantau untuk mengurangi kecurangan yang dilakukan salah satu pihak.

Projek Budget

Sebelum memulai projek, perusahaan harus mengelola berapa budget yang akan dilkeluarkan untuk membangun sebuah bangunan. Biasanya projek budget ini membutuhkan perkiraan berapa harga material untuk membangun projek tersebut. Penataan budget ini dapat dilakukan dalam aplikasi SAP dan sudah terakumulasinya dengan proses apa saja yang akan dilakukan untuk menuju step selanjutnya.

Projek Manajemen

Saat projek sedang berlangsung harus dipantau bagaimana pekermbangannya setiap hari, minggu, bulan sampai ke tahun untuk mengetahui apakah bangunan tersebut akan selesai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Proses ini ada beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawangan hingga penutup.

Waste managemen

Proses ini mengurangi mencemarkan sumber daya alam seperti sebelum melakukan pembersihan lahan untuk melakukan pembangunan. Limbah yang dihasilkan harus dapat di reduce, reuse dan recycle. Mengurangi dampak merugikan orang lain pada saat pembangun konstruksi tersebut.

Kontrol stok

Pada saat pengerjaan projek ini stok harus dipantau dengan baik dan penuh perhitungan. Jika pembangunan terjadi ditempat yang cukup mudah dijangkau aksesnya bisa saja pengiriman kembali stok akan cepat, tapi jika pembangunan tersebut dilakukan di kota yang kecil dan akses yang susah akan menyulitkan dan membutuhkan waktu yang lama, lebih menyeramkannya lagi adalah projek akan tertunda dalam beberapa hari menunggu stok datang. Menghindari stok habis disaat tidak tepat. Pengawasan stok ini dapat dilakukan oleh aplikasi BOSS.

Cost calculation

Projek yang sedang dilakukan ini pasti terus mengeluarkan budget sampai projek selesai. Pemantauan budget ini harus dilakukan dengan teliti takutnya ada budget yang dipakai tapi tidak terlalu dibutuhkan. Selain itu menghindari melebihi perkiraan budget di awal sebelum pengerjaan budget. Dapat dibantu dengan sistem SAP.

Crew yang bekerja

Projek yang besar pasti membutuhkan crew yang banyak juga untuk memudahkan projek konstruksi dapat dilakukan dengan mudah. Banyaknya crew yang bekerja ini dapat di lihat melalui Beone Attandance dengan bantuan Face Recognition. Crew yang bekerja ini dapat di bagi menjadi beberapa bagian memudahkan untuk pembagian pekerjaan. Projek akan segera terselesaikan jika semua crew bekerja sama.

Procurement

Kegiatan dimana perusahaan konstruksi membeli bahan material, peralatan,mesin pendukung produks hingga jasa yang dibutuhkan. Proses ini membantu projek berjalan dengan lancar, kualitas yang baik dan waktu pengerjaan yang akan sedikit terbantu.

Susun budget

Proses keuangan yang diharus dilakukan sebelum dan sesudah dalam pengerjaan projek. Sebelum pengerjaan projek anggaran ini adalah sebuah perkiraan atau mempersiapkan anggaran untuk melakukan projek, jika sudah di kerjaan projek perkiraan ini akan menjadi sebuah jumlah anggaran.

Pembelian barang, monitoring projek, diseases location

Pembelian bahan material harus di perhatikan untuk mewujudkan bangunan kontruksi yang bagus dan tahan lama untuk digunakan. Monitoring projek juga harus dilakukan dengan teliti untuk menghindari ada bangunan yang tidak layak atau cacat. Lokasi yang ingin dibangun juga harus memiliki surat izin dalam pembangunan dan dipastikan bahwa wilayah itu sudah dipastikan dimiliki oleh perusahaan.