Teknologi

Internet of Things Indonesia: Perannya dalam Revolusi Industri 4.0

157 views
Thursday, November 26, 2020

Internet of Things Indonesia – Berkembangnya teknologi di masa kini membuat perangkat pintar dapat dengan mudah terkoneksi, komunikasi pun tak sulit dilakukan.

Kemudahan dalam kehidupan manusia di industri masa kini disebabkan oleh Internet of Things yang merupakan teknologi inovatif yang berkembang pesat dengan berbagai macam aplikasi, fungsi, dan layanan dalam kehidupan sehari-hari.

IoT bertujuan menghubungkan dunia fisik ke dunia digital yang memungkinkan manusia dan perangkat teknologi terkoneksi dimana pun, kapan pun, dan dengan siapa pun.

IoT bersama dengan digitalisasi dan otomasi industri manufaktur dianggap telah memprakarsai revolusi industri 4.0, dimana revolusi ini menggabungkan manufaktur tradisional dan praktik industri dengan teknologi inovatif, seperti machine-to-machine (M2M), Internet of Things (IoT), cyber-physical systems (CPS) dan yang lain.

Berbagai macam bidang industri dalam era revolusi industri 4.0 terpengaruh akan IoT, hal tersebut tentu berdampak baik karena industri bisa menjadi lebih efektif dalam menjalankan kegiatan produksinya. Berikut adalah bentuk Internet of Things Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk industri yang maju di era revolusi 4.0 ini.

Manufaktur

Bagi industri manufaktur, IoT digunakan sebagai penghubung antar mesin produksi agar berjalan secara efisien. Sehingga pemantauan dari alur produksi hingga alur barang juga bisa memanfaatkan IoT agar manajemennya berjalan dengan baik.

Baca Juga: 7 Kelebihan Software Akuntansi yang Wajib Anda Tahu

Kesehatan

IoT dalam Industri kesehatan memberikan kemudahan bagi layanan kesehatan. Contohnya seperti kehadiran wearable devices yang menjanjikan perawatan pasien dari jarak jauh. Bahkan penyedia asuransi kesehatan juga kini beroperasi secara digital dalam melayani pelanggannya agar mudah diakses dan berkelanjutan.

Pertanian

Jika dahulu aktivitas pertanian terfokus pada pekerjaan lapang dan dilakukan secara manual, penerapan IoT bisa dimanfaatkan untuk membantu kegiatan menanam, membuat perencanaan tanam, memantau keadaan cuaca, atau penggunaan traktor pintar yang cukup dikelola hanya melalui smartphone.

Otomotif

Industri otomotif juga tentu sangat terbantu dengan IoT contohnya penggunaan perangkat di dalam kendaraan hingga kemampuan auto driving yang dikembangkan.

Tata Kota

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah smart city. Istilah ini menjadi bukti bahwa IoT sudah merambah dalam industri tata kota. IoT dapat digunakan untuk memantau fasilitas publik, pengelolaan sampah, hingga membantu pelayanan masyarakat.

Contoh penerapan Internet of Things Indonesia

IoT dalam Revolusi Industri 4.0 di Indonesia dapat dilihat dari kerjasama antara Telkomsel yang merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia dengan taksi Blue Bird.

Penerapan IoT tersebut mampu memberikan visibilitas dan keamanan  terhadap asset perusahaan, menjaga kualitas pelayanan, memastikan kinerja perangkat agar selalu optimal, dan memprediksi biaya pengeluaran.

Penerapan teknologi ini dapat menggantikan Fleety yang dimana dulunya digunakan oleh taxi Blue Bird sebagai penghitung argo dan pesanan berbasis jaringan 2G, dengan perangkat IoT yang memanfaatkan teknologi 4G dari provider telkomsel dapat digunakan menjadi argo meter, pengiriman order penumpang, dapat digunakan sebagai GPS (Global Positioning System).

Selain itu, di Indonesia ada beberapa yang sudah membangun start up dengan konsep IoT, contohnya ialah eFishery. Start up buatan anak Indonesia ini adalah alat pemberi pakan ikan secara otomatis. Alat ini selain mengotomatisasi pemberian pakan ternak serta dapat menjadwalkan pemberian pakan dengan dosis yang tepat.

Tidak hanya itu, eFishery juga bisa mencatat setiap pemberian pakan ternak secara real-time, hal ini tentu dapat menyelesaikan masalah kekuranagan ataupun kelebihan pemberian pakan ternak, dengan pemberian pakan ikan yang lebih teratur dan terjadwal.

Secara tidak langsung eFishery dapat meningkatkan kualitas ekonomi para peternak ikan  dan udang, dan juga menaikkan 50% hingga 80% biaya operasional peternak ikan.

Perkembangan Internet of Things Indonesia sudah termasuk berkembang dengan pesat. Diperkirakan pada tahun 2021 nanti, jumlah perangkat yang terkoneksi ke internet atau IoT lebih banyak daripada jumlah smartphone yang terkoneksi.

Kita sebagai masyarakat perlu melakukan persiapan agar dapat memanfaatkan teknologi tersebut sebaik mungkin dan menciptakan kehidupan yang lebih layak. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan yaitu membiasakan diri dengan peralihan yang serba online untuk seluruh lapisan kegiatan sehari-hari.

Contohnya saja dengan mengalihkan bisnis Anda menjadi bisnis berbasis online. Bersama dengan BeOne Solution, kami membantu perusahaan Anda untuk mencapai dan menjalankan praktik terbaik dalam operasi bisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait