SAP

Modul-modul SAP Business One Yang Sering Digunakan

290 views
Monday, November 2, 2020

Dalam perusahaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, dalam SAP Business One mempunya banyak modul-modul yang ada di dalamnya untuk memudahkan pera pelaku bisnis untuk menyusuaikan kebutuhan perusahaan mereka.
Berikut modul-modul SAP Business One yang sering digunakan:

1. FICO – Modul-modul SAP Business One

FICO adalah singkatan dari Financial Accounting dan Controlling atau dengan kata lain modul FICO menggabungkan standar akuntansi manajemen uang atau kas, leger umum, konsolidasi yang bertujuan untuk laporan keuangan, serta akuntansi biaya yang terdiri dari cost center accounting, elemen cost accounting, hingga analisis terhadap keuntungan.

2. PP (Production Planning) – Modul-modul SAP Business One

Modul PP atau Production Planning. Modul ini berguna untuk menjalankan proses perencanaan dan kontrol terhadap aktivitas manufaktur yang terjadi di dalam perusahaan. Di dalam modul ini, terdapat pula keseluruhan konfigurasi sistem, data master, dan juga solusi untuk proses produksi perusahaan.

3. MM (Material Management) – Modul-modul SAP Business One

Modul MM untuk membantu menjalankan proses pembelian (procurement) serta manajemen inventaris. Modul penting ini setiap harinya mencatat hal-hal tersebut. Modul ini pasti berintegrasi dengan modul lainnya yang ada di dalam sistem SAP Business One, seperti FICO, SD, QM, dll.

4. SD (Sales and Distribution) – Modul-modul SAP Business One

Modul SD ini digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan aktivitas operasional perusahaan yang berkaitan dengan pesanan pembeli. Modul ini pun juga bisa di integrasikan dengan modul lainnya seperti FICO, MM, dan juga PP.

5. HR (Human Resources) – Modul-modul SAP Business One

HR merupakan singkatan dari Human Resources. Manfaatnya untuk melakukan integrasi terhadap semua proses di dalam departemen human resources. Proses tersebut mulai dari aplikasi atau registrasi, administrasi para karyawan, manajemen waktu, pemenuhan gaji dan masih banyak lagi lainnya.

6. CRM (Customer Relationship Management) – Modul-modul SAP Business One

Modul CRM ini berhubungan dengan back-end dari sistem ERP. Selain itu CRM ini berhubungan dengan supply chain, business intelligence, penerapan di lapangan, dan masih banyak lagi lainnya. Tujuan modul CRM ini adalah menyediakan informasi yang lebih baik berhubungan dengan pelanggan, selain itu akan membuat perusahaan mengerti tentang bagaimana membuat konsumen puas terhadap layanan perusahaan. Tidak hanya itu saja CRM ini juga akan membantu dalam memperbaiki kualitas servis, menyelesaikan masalah secara tepat waktu, dan juga meningkatkan hubungan yang lebih baik terhadap konsumen.

7. QM (Quality Managament) – Modul-modul SAP Business One

QM merupakan singkatan dari Quality Management. Modul QM biasanya di gunakan di dalam bidang logistik untuk mengecek kualitas dari serangkaian proses yang terjadi.

8. PS (Project System) Modul-modul SAP Business One

Modul PS atau Project System dimana modul ini digunakan untuk mengintegrasikan semua proses dari perencanaan proyek, eksekusi, dan juga kontrol perusahaan.

BacaJuga: Kenapa Harus SAP Business One?

Nah, barusan adalah jenis dan penjelasan modul SAP Business One yang sering di gunakan, SAP Business One juga menyediakan modul-modul lain yang bisa disesuaikan dengan jenis perusahaan kalian. Jadi jangan takut kalo misalkan modul-modul yang di atas tidak sesuai dengan jenis usaha kalian. Jadi kesimpulannya SAP Business One adalah software ERP yang bisa digunakan Front to End.

Jika Anda ingin konsultasi lebih lanjut oleh konsultan kami, jangan ragu untuk kontak kami di +62 878 7579 9081 atau jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan subscribe agar tidak ketinggalan info-info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

155 views
February 1, 2021

Cara Cepat untuk Menguasai Sistem SAP