SAP

SAP Business One: Pengertian, Kegunaan, dan Kelebihan untuk Bisnis

66 views
Friday, December 30, 2022

SAP Business One merupakan salah satu jenis software manajemen bisnis yang sudah dirancang agar sesuai dengan perusahaan, baik skala kecil atau menengah. Buat Anda para pebisnis, Anda harus mengetahui apa saja kegunaan dan kelebihan dari software satu ini.

Apa Itu SAP Business One?

SAP adalah singkatan dari System Application and Product. Seperti penjelasan sebelumnya, SAP Business One merupakan salah satu jenis software untuk bantu mengoptimalkan fungsi dari berbagai lini perusahaan.

Dalam penerapannya, System Application and Product Business One ini bisa Anda gunakan untuk beberapa lini penting dalam perusahaan, antara lain:

  • Purchasing and Inventory Control
  • Sales and Customer Management
  • Financial Management
  • Analytics and Reporting
  • Business Intelligence

Kelebihan SAP Business One

Anda bisa memaksimalkan fungsi dari sumber daya tanpa perlu mengurus data yang jumlahnya banyak. Selain itu, beberapa kelebihan dari SAP Business One yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Pekerjaan Jadi Lebih Efisien

Dengan penggunaan SAP, maka pekerjaan akan jadi lebih efisien. Sebab, software ini saling terkoneksi satu sama lain. Misalnya, SAP melibatkan aspek yang berhubungan dengan produksi, mulai dari penjualan, pengembangan produk, keuangan, dan manajemen.

Hanya lewat satu software, Anda bisa menghilangkan pekerjaan yang berulang, manual, dan membutuhkan banyak waktu.

2. Meningkatkan Produktivitas

Kelebihan SAP Business One selanjutnya adalah bantu meningkatkan produktivitas perusahaan. Hanya lewat software, Anda tidak perlu cemas, karena beberapa lini pekerjaan akan lebih cepat selesai, akurat, dan produktivitas pun meningkat.

3. Cocok untuk Semua Ukuran Bisnis

Ada bagian yang tak terpisahkan dari SAP, yaitu Enterprise Resources Planning (ERP). Meski begitu, kedua software ini memiliki pekerjaan yang berbeda. Implementasi sistem ERP mencakup perencanaan sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Sedangkan SAP lebih berfokus pada proses perencanaan, pengelolaan, SDM perusahaan, hingga pendistribusian. Jadi, inilah alasan kenapa software SAP Business One dan ERP sangat cocok untuk semua kalangan bisnis atau perusahaan dari yang kecil sampai yang besar.

4. Mengurangi Biaya Operasional

Biaya perusahaan yang paling tinggi berasal dari operasional dan manajemen. Nah, dengan menggunakan software seperti SAP Business One dan ERP, maka biaya operasional perusahaan Anda akan berkurang.

Macam-Macam ERP yang Ada di Indonesia

Sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa implementasi sistem ERP juga berkaitan dengan SAP. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, berikut macam-macam ERP yang populer di Indonesia:

1. ERP On Premise

Pertama adalah Enterprise Resources Planning (ERP) On Premise atau konvensional. ERP jenis satu ini mengharuskan perusahaan memasang sekaligus memelihara ERP di hardware dan server yang dikelola sendiri oleh perusahaan.

Biaya pemasangan ERP On Premise cukup mahal, sehingga cocok untuk perusahaan atau bisnis kategoris besar dan berpengalaman.

2. Sistem ERP Cloud

Kedua ada ERP Cloud. Seperti namanya, sistem perencanaan SDM perusahaan akan diintegrasikan lewat server atau platform cloud dari vendor. Kemudian, diakses menggunakan browser.

3. ERP Hybrid

ERP jenis terakhir adalah Hybrid, yaitu gabungan dari sistem On Premise dan Cloud. Jadi, sistem ini bisa Anda gunakan secara online dan offline. Ketika aliran internet terputus, maka sistem ERP On Premise atau Konvensional akan beroperasi. Sebaliknya, jika koneksi internet menyala, maka sistem berubah menjadi Cloud.

Karena memiliki dua fungsi ganda dalam beroperasi, otomatis biaya pemasangan ERP Hybrid lebih mahal dibanding jenis konvensional. Namun, biaya ini sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan nantinya.

Perbedaan dari Ketiga Macam Sistem ERP

Masing-masing sistem ERP memiliki kelebihan dan kekurangan. Sama seperti SAP Business One, pemilihan ERP juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Nah, untuk mempermudah pilihan Anda, berikut perbedaan dari macam-macam ERP:

1. Enterprise Resources Planning (ERP) On Premise atau Konvensional

Sistem ini hanya bisa diakses oleh perusahaan Anda sendiri, bukan dari pihak luar seperti vendor. Hal ini akan membuat data-data penting perusahaan lebih aman. Sayangnya, Anda tidak bisa mengelola sistem konvensional melalui akses internet, sehingga kurang efisien.

2. Enterprise Resources Planning (ERP) Cloud

Pemasangan sistem ERP Cloud berbeda dari sistem Konvensional. Inilah yang membedakan keduanya. Selain itu, lewat sistem Cloud, Anda bisa mengelola dan memantau lewat koneksi internet, sehingga lebih efisien daripada sistem yang pertama.

Karena menggunakan sambungan internet, otomatis perusahaan Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil. Jika tidak, maka akan menghambat produktivitas perusahaan.

3. Enterprise Resources Planning (ERP) Hybrid

Secara garis besar, sistem ketiga dari ERP ini lebih banyak kelebihan daripada dua sistem sebelumnya. Sebab, sistem ini merupakan gabungan dari Konvensional dan Hybrid. Untuk menggunakan sistem ERP ini, Anda harus mempersiapkan budget sekaligus karyawan yang menguasai IT.

Tertarik Menggunakan SAP untuk Memenuhi Kebutuhan Perusahaan Anda?

Itulah tadi rangkuman tentang SAP Business One sekaligus sistem ERP yang juga memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Jika Anda tertarik menggunakan SAP, Anda bisa memilih perusahaan layanan yang terkenal sebagai partner SAP ERP berpengalaman seperti BeOne Solution.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SAP Business One

50 views
Thursday, July 9, 2020