SAP

Mengenal Sistem SAP ERP dan Manfaatnya dalam Perusahaan

834 views
Tuesday, November 29, 2022

SAP (System Application and Processing) adalah sistem yang sering digunakan oleh perusahaan untuk membantu menjalankan bisnis. Di samping itu, penggunaan software tersebut tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar, tapi juga perusahaan menengah dan kecil.

Jika masih belum memahami SAP maupun ERP dan manfaatnya dalam perusahaan, artikel ini akan menyajikan informasi tersebut untuk Anda. Sehingga, Anda dapat mengelola bisnis dengan efisien.

Apa Itu Sistem SAP ERP?

Sistem SAP adalah software yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola bisnis. Dengan berbasis ERP (Enterprise Resources Planning), perangkat lunak tersebut dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efisien meskipun memiliki kompleksitas yang tinggi.

ERP berperan mengintegrasikan data perusahaan, sehingga dapat digunakan dengan baik dan benar, apabila dibutuhkah. 

Dengan demikian, Anda mampu berkolaborasi secara efektif dan efisien untuk menghasilkan temuan yang memuaskan. Sehingga, bisnis dapat berjalan lancar dan berkembang cepat.

Manfaat Sistem SAP ERP untuk Operasional Perusahaan

Berikut adalah 7 manfaat sistem SAP ERP untuk operasional perusahaan yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Pencatatan Perusahaan Terstruktur dan Sistematis

Manfaat pertama, yaitu dapat membantu Anda dalam menangani urusan pencatatan perusahaan, supaya terstruktur dan sistematis. Sebab, ERP bertugas melakukan integrasi modul yang bersatu padu. 

Sehingga, pengolahan data menjadi lebih mudah. Selain itu, data yang sudah tercatat akan lebih rapi dan tidak tercecer.

2. Meningkatkan Efisiensi di Perusahaan

Software SAP ERP bisa membantu proses bisnis menjadi lebih cepat dan efisien. Anda dapat menghemat biaya operasional yang tidak perlu serta menghilangkan adanya kemungkinan duplikat data. 

Di samping itu, Anda tidak harus menggunakan cara konvensional untuk mengumpulkan data dan memberikan beban kerja lebih kepada karyawan, karena semua data sudah terintegrasi. 

Sehingga, karyawan Anda bisa lebih produktif serta kepuasan mereka dalam bekerja dapat meningkat.

3. Meningkatkan Revenue Perusahaan

Selanjutnya, penggunaan sistem ERP dapat meningkatkan revenue perusahaan. Secara umum, revenue adalah uang yang masuk ke perusahaan yang diperoleh dari aktivitas bisnis. 

Karena Anda bekerja mengedepankan efisiensi dengan bantuan sistem ERP, maka bisa menekan biaya operasional bisnis yang perusahaan tidak butuhkan. Sehingga, pengeluaran Anda akan berkurang.

Sebaliknya, revenue dapat meningkat, karena meskipun biaya pengeluaran berkurang, aktivitas bisnis tetap berjalan bahkan lebih produktif dan efisien.

4. Data Lebih Aman

Manfaat sistem SAP ERP yang berikutnya adalah mampu mengamankan data perusahaan. Sebab, kerahasiaan data milik perusahaan harus dijaga untuk meminimalisir kebocoran data yang merugikan. 

Oleh karena itu, sistem SAP ERP bisa membantu Anda mengatasi hal tersebut. Di samping data yang tersimpan tidak bisa diduplikasi, semua proses pencatatan sudah memiliki standarisasi yang baik. Artinya, data Anda akan aman.

5. Membangkitkan Etos Kerja

Menggunakan sistem SAP ERP dapat mengurangi kecurangan, sehingga etos kerja karyawan akan meningkat. Selain itu, dengan adanya software yang sudah memiliki standar, dapat mendorong perusahaan Anda untuk  memiliki standarisasi sistem yang baik pula. 

6. Membantu Proses Monitoring

Di samping lima di atas, masih ada lagi manfaatnya, yaitu mampu membantu proses monitoring perusahaan. Pasalnya, sistem ERP adalah sistem terpusat. Artinya, Anda bisa memonitoring setiap departemen dengan mudah, cukup menggunakan satu sistem saja.

Adanya sistem terpusat tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi tiap departemen dalam perusahaan secara real time. Sehingga, perkembangan bisnis dapat terpantau dengan akurat.

7. Memudahkan Kolaborasi

Dalam mengelola bisnis, pasti Anda membutuhkan kolaborasi dalam perusahaan. Misalnya saja, kolaborasi antar departemen. 

Oleh karena itu, tentu membutuhkan media sebagai wadah komunikasi internal, agar tidak ada miskomunikasi atau kesalahpahaman yang berakibat fatal.

Meski demikian, Anda bisa mengatasinya dengan sistem SAP ERP yang bertugas sebagai media komunikasi. Dengan sistem ini, teks, email, pesan suara, rekaman, maupun dokumen lainnya dapat dipindai. Bahkan, tersedia pula saluran internal yang terhubung dengan pelanggan untuk berkomunikasi.

Sudah Tahu Manfaat Menggunakan Sistem SAP ERP?

Demikian pengertian sistem SAP ERP dan manfaatnya dalam perusahaan. Pada dasarnya, manfaat sistem SAP adalah untuk membantu efisiensi perusahaan dalam menjalankan bisnis. Nah, sekarang waktunya Anda menggunakan SAP ERP. Yuk, tentukan partner pilihan Anda untuk implementasi SAP ERP yang berpengalaman!

Artikel Terkait