Bisnis

6 TIPS SEDERHANA UNTUK MENGOPTIMALKAN BISNIS KAMU

287 views
Thursday, January 13, 2022

Bersaing di era yang serba digital ini memang ketat. Kamu perlu memikirkan matang-matang strategi apa yang cocok dan juga perlu mempertimbangkan banyak hal. Tapi, untuk mengoptimalkan bisnis, kamu bisa mencoba tips-tips sederhana berikut ini:

1. Fokus Pada Prospek, Bukan Pada Penjualan

Mungkin banyak dari kita yang beranggapan penjualan lebih penting, tapi ini tidak salah karena kita ingin meningkatkan pendapatan. Hanya saja, sebelum kita berjualan, fokuslah juga pada prospek. Kamu bisa fokus pada pengembangan database pelanggan. Buatlah kolam-kolam sesuai dengan segmen target Kamu.

Dengan kolam-kolam tersebut, kamu bisa memilah solusi apa yang terbaik sesuai masing-masing target segmen pasar. Misalkan, kamu mempunyai 2 kolam yaitu UMKM dan Enterprise, kamu bisa memberikan promo-promo menarik atau artikel yang sesuai dengan segmen kolam tersebut. Sehingga pesan yang diterima oleh target market sesuai dengan kebutuhannya.

2. Jangan Jual Produk, Berikan Solusi

Fokuslah pada solusi yang bisa mereka terima dari kamu. Jangan menjual produk karena suka atau tidak, banyak di luar sana yang mencari solusi atas permasalahan mereka daripada mencari suatu merek. Jelaskan kepada pelanggan dalam bahasa yang sederhana dan lugas bagaimana atau mengapa produk kamu dapat membantu mereka atau membantu dalam pencapaian tujuan mereka.

3. Selalu Optimalkan Harga

Menurunkan harga bukan berarti dapat meningkatkan penjualan. Jika kamu merasa merek kamu adalah barang-barang dengan kualitas premium, kamu bisa mengoptimalkan harga tanpa perlu menurunkannya. Misalnya, tawarkan kepada pelanggan dengan manfaat kualitas ‘eksklusif’ yang tidak dapat diberikan oleh pesaing kamu.

4. Pekerjakan Staf yang Ramah untuk Melayani Pelanggan

Mungkin ini terdengar biasa saja, tetapi hal ini penting dalam proses penjualan produk. Disadari atau tidak, orang lebih cenderung membeli produk yang dilayani oleh staff penjualan yang ramah dan memperhatikan mereka. Sehingga penjualan produk juga bisa ikut meningkat.

Baca Artikel lainnya: Bisnis Go Digital dengan SAP Business One

5. Jangan Lupakan Call To Action!

Jangan buat pelanggan menunggu dan  menggali lebih dalam untuk informasi mengenai cara membeli produ kamu. Inilah mengapa Call To Action sangat penting. Jika pelanggan menemukan postingan kamu dan merasa mereka membutuhkan solusi dan tertarik terhadap produk yang kamu tawarkan, maka mereka akan langsung menghubungi kamu. Jika di postingan itu tidak ada Call To Actionnya, seringkali mereka akan menggali informasi terkait kontak yang bisa mereka hubungi dan memerlukan waktu yang lama sehingga bisa saja terjadi kecenderungan niat mereka untuk membeli menjadi hilang.

6. Gunakan Media Sosial dengan Cerdas

Media sosial adalah media yang baik untuk membangun hubungan yang interaktif dengan pelanggan. Upayakan untuk menginformasikan, membantu, atau menghibur pelanggan melalui media sosial. Terkadang interaksi melalui tidak perlu melulu media sosial kamu berisi tentang produk kamu, kamu bisa sharing seputar informasi yang saat ini sedang trending ataupun tips dan trik yang berkaitan dengan produk atau solusi yang kamu tawarkan.

     Dengan demikian ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan bisnis. Kamu bisa mencoba tips dan trik tersebut. Jika kamu masih membutuhkan konsultan bisnis, jangan ragu untuk kontak kami, ya! Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk di subscribe.

—- Contact Beone Solution
Call/Whatsapp: 0878-7579-9082

Instagram: @beonesolution
Website: https://beonesolution.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.