Bisnis

UMKM Tidak Berkembang dikarenakan Perusahaan ‘Raksasa’ ?

166 views
Tuesday, April 6, 2021

MITOS.

Perusahaan besar akan melirik pesaing yang lebih besar darinya atau malah tidak akan melirik UMKM yang sedang berkembang. 

Tapi UMKM memiliki potensi yang lebih cepat berkembang daripada perusahaan besar. Dikarenakan perusahaan yang baru berkembang ini memiliki ruang lingkup yang kecil, kecilnya ruang lingkup kerja ini merupakan suatu keuntungan dimana perkembangan bisnis akan mudah untuk dipantau tapi memiliki kekurangan tenaga yang memadai atau bahkan membuat para karyawannya bekerja lebih keras. 

Dengan strategi yang tepat dan inovasi yang cocok dengan lidah masyarakat banyak UMKM  dapat melampaui keuntungan dari perusahaan besar. 

Baca juga: Transformasi Digital dapat Membantu UMKM Menjadi Berkembang

Jika anda memikirkan bahwa UMKM akan langsung berkembang dengan cepat  dan memiliki strategi yang sama tentu saja ini salah. Menjadi perusahaan yang besar harus memikirkan strander yang tetap dan memiliki ruang lingkup yang jauh lebih besar. 

Target yang menjadi sasarannya pun berbeda dengan UMKM yang baru memulai bisnis. Untuk menjadi perusahaan yang besar Anda harus bersiap dengan ‘bagai’ yang besar dan tentunya tenaga yang dibutuhkan jauh lebih banyak dari pada saat anda memulai bisnis tersebut. 

Dalam menghadapi perubahan ini Anda harus tahan banting dikarenakan aka nada banyak UMKM lainnya yang bermunculan juga yang siap untuk menjadi pesaing Anda. 

Berbisnis bukan siapa yang paling cepat mendapatkan posisi diatas tapi siapa yang bisa bertahan dalam menghadapi persaingan yang ketat. 

Perusahaan yang lebih besar juga terbilang lebih siap untuk menghadapi pesaing atau perkembangan industri yang berkembang pesat tersebut. Biaya dan tenaga yang di keluarkan perusahaan besar untuk memaksimalkan strategi marketingnya pun tidak tanggung-tanggung. 

Baca juga: Benarkah Ada Bisnis yang Tidak membutuhkan Strategi Marketing?

Hal tersebut yang menjadi kekurangan UMKM dalam berkembang yaitu kurangnya biaya dan tenaga dalam menjalani strategi marketing tersebut. 

Bukan hal mustahil jika UMKM berhasil mendirikan perusahaan yang besar dan dikenal oleh banyak orang. Sudah terbukti beberapa UMKM berhasil dalam menghadapi masa krisisnya dan menjadi salah satu perusahaan yang lebih besar. 

Memang menemukan strategi marketing yang tepat bukanlah hal mudah dan pasti akan ada yang membuat strategi itu tidak berhasil seperti target yang menjadi sasaran pemasaran tidak tepat dan pesaing yang lebih memiliki cara yang cerdas dan kreatif.

Jika ingin memiliki strategi yang tepat target pemasaran pastikan anda  memiliki solusi yang tepat untuk menghadapi masalah yang terjadi pada target pemasaran Anda. 

Salah satu cara yang bisa anda coba adalah dengan memposisikan anda sebagai target pemasaran produk anda. Seperti apa yang menarik bagi calon pelangan anda, apa masalah yang sering ditemukan oleh target pemasaran anda dan akan menemukan solusi yang tepat inilah akan membuat target akan tertarik. 

Melalukan riset adalah hal yang penting dalam menentukan strategi marketing yang akan anda jalani tersebut. tidak jarang setelah melakukan riset ini strategi marketing yang anda jalankan akan berhasil 80%. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *