Bisnis

5 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Kecil

208 views
Wednesday, October 14, 2020

Memulai bisnis kecil saat pandemi adalah pilihan yang bijak. Tetapi kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal penting untuk memulai bisnis kecil kamu. Pertimbangkan tips berikut untuk memulai perusahaan kamu sendiri dan menerapkannya sesuai kebutuhan:

  1. Kenali Kekuatan dan Kelemahanmu

Jika kamu ingin memulai bisnis, kamu perlu mempertimbangkan hal ini. Ini adalah proses yang  memungkinkan kamu untuk memahami bagaimana kamu dapat menjadi yang paling efektif pada apa yang kamu lakukan. Kamu juga bisa menjadi tau di bagianmana yang kamu bisa sukses.

Kembangkan pemahaman yang kuat tentang keterampilan dan kelemahan kamu sehingga kamu tahu tempat terbaik untuk memfokuskan bisnis kamu. Jangan takut untuk mempelajari cara menangani tanggung jawab dan beban kerja baru – ini pada dasarnya adalah persyaratan untuk mengembangkan bisnis kecil.

  1. Mulailah dengan rencana bisnis sederhana dan kembangkan sesuai kebutuhan

Salah satu hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai pemilik bisnis kecil adalah mengembangkan rencana bisnis. Ini sangat penting bagi kamu untuk mengembangkan rencana bisnis kamu akan berarah kemana. Kamu tidak perlu buat rencana bisnis secara jangka panjang di awal, buatlah rencana bisnis sederhana dan kamu pelajari baik-baik rencana sederhana itu. Jika rencana bisnis sederhana tersebut berjalan dengan baik, kamu bisa buat rencana  bisnis yang lebih mendetail seperti sertakan perkiraan yang lebih akurat, biaya aktual, proyeksi jangka panjang, pernyataan misi, ringkasan perusahaan, dan lainnya.

Baca Juga: Tips Sukses Ala Han Ji Pyeong yang Bisa Kamu Tiru – Start Up Drama

  1. Fokus pada sesuatu yang kamu sukai

Melakukan apa yang kamu sukai dan menjadikannya ladang bisnis. Ya, kamu benar. Kamu bisa mendapatkan pendapatan dari sesuatu atau hobi yang kamu suka. Seperti memasak, kamu bisa menjual masakan kamu dan kamu bisa menghasilkan uang dari hobi kamu. Jadi, tetap fokuslah pada sesuatu atau hobi yang kamu sukai.

  1. Pahami target pelanggan kamu dan pasar yang ada

Dengan memahami pelanggan dan target pasar yang sesuai dengan bisnis kamu, ini akan memudahkan bisnis kamu berjalan dengan baik. Diperlukan riset terlebih dahulu sehingga produk kamu sampai kepada pelanggan yang tepat dan memang membutuhkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kamu juga dapat melihat pesaing dan bisnis serupa untuk mendapatkan ide dan panduan, meskipun secara tidak langsung. Mengunjungi toko mereka, melihat situs web dan materi pemasaran mereka, atau ide-ide kreatif dari pesaing lainnya.

  1. Jangan takut untuk meminta bantuan

Dalam memulai bisnis, pasti tidak selamanya berjalan dengan mulus. Pasti ada beberapa rintangan dan kamu jangan takut untuk meminta bantuan dari pihak lainnya. Dengan bantuan itu, kamu dapat belajar dari mereka dan ketika kamu ada permasalahan seperti hal terkait, kamu dapat mengatasinya sendiri. Ini juga membuat kamu mendapatkan ilmu baru, lho!

Baca Juga : Apa itu UMKM ?

 

Untuk memulai bisnis, kamu tidak perlu takut untuk menghadapi hal-hal yang mungkin akan kamu hadapi kedepannya. Kamu hanya cukup yakin dan perhatikan tips-tips di atas sebelum memulainya. Jika kamu merasa artikel ini berguna, jangan lupa share dan subscribe, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

67 views
August 18, 2021

SAP Business ByDesign dan Manfaatnya