SAP

6 Langkah Implementasi SAP Business One. Pasti Sukses!

264 views
Wednesday, November 4, 2020

Untuk menggunakan software ERP SAP Business One ada beberapa langkah yang harus di ketahui, langkah – langkah ini untuk memudahkan perusahaan yang ingin menggunakan SAP Business One. Dan di harapkan 6 langkah ini harus dipelajari baik-baik oleh perusahaan yang akan menggunakan sistem SAP Business One ini.

Berikut adalah 6 langkah–langkah tersebut:

1. Project Preparation – Implementasi SAP

Yang pertama adalah project preparation atau persiapan proyek yang akan digunakan. Untuk langkah ini, Anda harus menentukan proyek awal dalam menggunakan SAP Business One untuk pengolahan perusahaan Anda. Contoh persiapan pada langkah ini adalah dengan mempersiapkan alur pekerjaan yang akan dimigrasi, mengidentifikasi dan juga memiliki user yang akan melakukan tugas dan juga bagaimana rencana bisnis Anda.

Langkah yang satu ini sangat penting untuk dipersiapkan sejak awal karena jika sudah siap maka Perusahaan akan lebih mudah mengimplementasikannya dan langkah-langkah selanjutnya akan berjalan dengan baik.

2. Business Blueprint – Implementasi SAP

Yang kedua adalah bussines blueprint. Saat Anda ingin menggunakan  SAP Business One maka Anda juga harus melakukan business blueprint. Apa itu Business Blueprint? Business blueprint merupakan salah satu langkah dalam menggunakan SAP yang mana semua pihak yang terlibat dalam suatu bisnis atau perusahaan Anda dikumpulkan dan didiskusikan mengenai hal-hal yang akan menjadi tujuan perusahaan.

Hasil dari pertemuan ini biasanya menghasilkan kerangka dari proses bisnis atau biasa disebut dengan blueprint yang tentunya akan dilaksanakan oleh perusahaan dan sesuai dengan berbagai tujuan para pihak yang terlibat di dalamnya.

Baca Juga: Keuntungan SAP Business One Untuk Para Pelaku Bisnis

3. Realization – Implementasi SAP

Langkah yang selanjutnya adalah realization atau tahap realisasi. Pada tahap yang satu ini, tim pekerja mulai melakukan konfigurasi dalam menjalankan peraturan SAP yang akan didasarkan dengan hasil blueprint yang berisi berbagai keputusan dan tujuan dari berbagai pihak yang terkait dalam perusahaan.

Setelah melakukannya tim bisa menguji coba secara fungsional tiap sub program.

4. Final Preparation – Implementasi SAP

Final Preparation atau persiapan terakhir merupakan suatu langkah untuk menjangkau semua aspek yang terkait.

Pada langkah ini, user akan dilatih oleh konsultan dengan menggunakan sistem yang baru, End to end testing untuk melakukan sistem yang baru selesai dibuat, sampai pembuatan profil user dan juga aktivasi dari data yang akan dimigrasi.

5. Go Live – Implementasi SAP

Selanjutnya adalah Go-live, pada tahap ini semua orang yang terkait dalam perusahaan akan diberi tahu bahwa sistem yang digunakan merupakan sistem yang baru dan sistem yang lama dihentikan.

Pada tahap ini, semua pekerja atau karyawan menggunakan sistem SAP sebagai sistem yang baru sehingga bisa berjalan dengan lancar. Namun, langkah ini harus dilakukan apabila persiapan akhir dan beberapa uji coba sudah dilakukan dengan lancar sehingga semuanya diharuskan sudah siap.

6. Support – Implementasi SAP

Pada langkah ini maka semua sistem telah berjalan dengan lancar, pada langkah ini pula diberlakukan pekerja yang memiliki kemampuan dalam bidang SAP untuk melaksanakan SAP dengan baik dan juga ditentukan siapa yang bisa melakukan pengawasan SAP dengan baik dan bisa digunakan dengan tepat. Selain penggunaannya yang tepat, Anda juga harus  menyediakan layanan dalam mendukung dan bisa memperbaiki sistem yang kurang baik, bisa karena rusak, bisa karena kurang tepat, dan lain-lain.

 

Kesimpulannya untuk para perusahaan yang ingin implementasi SAP Business One harus benar- benar mengetahui 6 langkah ini agar mempermudah dan mempercepat implementasi SAP Business One ke perusahaan. Sehingga dapat mengefesiensikan waktu dan tenaga.

 

Jika Anda ingin implementasi SAP Business One dengan aman dan dipandu hingga akhir dan selalu di support jika ada masalah, Beone Solution dapat membantu untuk mewujudkan keinginan Anda. Dengan konsultan-konsultan yang berpengalaman dan juga didukung oleh team support yang selalu sedia, Beone Solution menjadi pilihan yang tepat untuk membantu Anda untuk mengimplementasikan SAP Business One dengan lancar dan baik.

 

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk di share dan subscribe artikel ini agar tidak ketinggalan informasi penting dan menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

67 views
August 18, 2021

SAP Business ByDesign dan Manfaatnya

254 views
February 1, 2021

Cara Cepat untuk Menguasai Sistem SAP