Bisnis

Ancaman Yang Sering Terjadi Pada Saat Menggunakan Cloud

202 views
Friday, January 22, 2021

Jarang terjadi cloud termasuki virus tapi bukan berarti cloud bisa menjamin terbebas dari virus seterusnya. Apalagi yang sering download kemudian diarahkan untuk login email lalu masuk ke google drive.

Metode ini rentang kemasukan virus entah dari mesin atau ada orang yang menghack google drive anda. Kurangi aktivitas yang mendownload melalui drive akan sangat membantu.  

Ada beberapa cloud yang berbasis gratis dan dapat diakses dimanapun ini menjadi kelemahan terserangnya virus yang tidak terduga. Virus yang sering terjangkit adalah ransomware dengan cara jangan mengklik sembarang iklan yang terdapat di website dan mendowload aplikasi crack bisa menjadi langkah awal untuk masuknya virus ke laptop atau komputer anda.

Ancaman yang sering terjadi saat menggunakan cloud

Foto oleh panumas nikhomkhai dari Pexels

Walaupun telah mengaktifkan antivirus bawaan ransomware bisa dengan mudah masuk untuk memblokir antivirus ini. Langkah pertama yang harus dilakukan saat terkena ransomware adalah dengan mencabut kabel yang terhubung dengan jaringan internet dan putuskan semua hubungan internet pada komputer atau laptop Anda.

Download dan install aplikasi antivirus secara manual, lalu backup data yang penting terlebih dahulu. Cara ini cukup mudah bukan? Namun semua virus yang masuk ada yang berbagai macam dan jenis.

Ada virus yang dengan cara menghapus filenya saja sudah cukup dan ada juga virus yang membandel dan harus di pasang antivirus tambahan. Virus juga ada berbagai jenis dan penangannnya yang berbeda.

Maka dari itu mencegah lebih baik dari pada mengerjakan dan harus menghapus virus dengan manual. Apalagi menginstall ini perlu waktu yang luang dan apabila Anda terdesak dengan pekerjaan penting lainnya Anda akan menjadi gelisah.

Takutnya Anda malah bersikap ceroboh malah menambah pekerjaan Anda. Jika virus sudah membandel dan sulit diatasi cari cara untuk menghilangkan virus tersebut dan tanya ke orang yang paham IT untuk mengatasinya.

Aplikasi untuk mencegah ransomware detail secara spesifik tidak ada, tapi bisa diminimalisir dengan cara backup data secara real time atau memakai apliaksi backup OS seperti Veeam Backup dan Nakivo Backup

Kecerobohan manusia juga dapat mengakibatkan ancaman yang sangat fatal. Harus berhati-hati dalam memindahkan atau mengedit file takut anda salah memklik dan malah menghapus file tersebut. Saat file terhapus Anda bisa memklik dibagian bawah kiri, lalu klik undo dan file tersedia kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *