Tips & Trick

Antisipasi dalam Menjalani Bisnis di Masa Pandemi Semakin Panjang

180 views
Friday, March 5, 2021

Penyebaran covid-19 ini selain merugikan banyak orang, virus ini ikut menggerogoti ekonomi Indonesia juga. Pengusaha juga ikut terkena dampaknya, mulainya penjagaan jarak yang di ajukan pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus, jam lalu lintas dan restoran yang dibatasi, sampai dilarang berkerumun disatu titik.

Bukan hanya peraturan yang harus di taati tapi masing-masing pribadi harus menyadari betapa berharganya Kesehatan dan menghentikan penyebaran virus tersebut.

Sudah terbukti covid-19 ini memiliki dampak yang besar dalam menjalani bisnis tersebut. Mau-tidak mau bisnis mulai memfokuskan kepada penjualan online untuk mengurangi penyebaran virus tersebut.

Beberapa tips ini bisa di terapkan saat bisnis tetap jalan tapi tidak menyebarkan virus :

1. Online

Sumber: Google

Bisnis online ini mulai meningkat dengan seiring covid-19 memasuki Indonesia. Dimana kegiatan diluar rumah dibatasi dan bisnis outlet di paksa tutup. Bisnis online ini mulai di minati oleh masyarakat dikarenakan takut untuk keluar rumah dan dilakukanlah pemesanan online. Mulai dari stok bahan makanan, membeli makanan dan membeli barang kebutuhan lainnya. Aplikasi untuk berbelanja juga sudah banyak diciptakan dan aktif pada saat covid-19 ini berlangsung. Pemesanan online ini dapat memudahkan konsumen untuk tetap memenuhi keinginannya dan bisnis tetap berjalan.

 

2. Bekerja Secara Remote

Sumber: Google

 

WFH atau Work Form Home mulai banyak di jalani beberapa perusahaan untuk menghentikan pennyebaran virus covid-19 tersebut. Pada masa awal WFH ini banyak sekali penyesuaian yang dilakukan oleh perusahaan namun dapat diatasi dalam waktu yang cepat. Masyarakat beradaptasi dengan cepat menghadapi covid-19 tersebut. Namun adanya lingkungan baru ini membuat beberapa perusahaan harus mengalami penurunan yang begitu hebat. Strategi bisnis yang dijalaninya pun berubah  180 derajat. Outletpun hanya bisa melayani pesanan online. Manajer pun hanya bisa memantau bisnisnya melalui remote tersebut untuk menjaga penjualan tetap stabil.

 

3. Manfaatkan Teknologi

Sumber: Google

Karena keadaan semakin banyak yang sudah ada namun jarang digunakan dan sekarang menjadi kebutuhan sehari-hari kehidupan dalam berbisnis. Seperti meeting yang seharusnya dilakukan secara langsung dikarenakan virus covid-19 meeting harus dilakuan secara online. Begitupun pemesanan yang akhirnya sekarang terjadi secara online.  Sudah banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha untuk terus menjalankan bisnisnya. Salah satu teknologi yang jarang digunakan adalah sistem ERP. Sistem ERP ini sudah terintegrasi dengan setiap departemennya untuk mengetahui berbagai macam informasi yang dapat langsung dikirimkan ke divisi yang bersangkutan.  Seperti  ada bahan habis di warehouse, orang warehouse akan langsung mengirimkan pemberitahuan kepada orang purchase bahwa ada bahan yang habis lalu orang purchase akan mengajukan pembelian kepada finance. Sistem yang berkesinambungan ini memudahkan para pekerjanya untuk mengelola data hanya dalam satu aplikasi.

 

4. Digital Marketing

Sumber: Google

Beberapa perusahaan sudah memanfaatkan digital marketing tersebut. Semakin banyak pengiklanan produk melalui media sosial. Dengan memungkinkan produk yang anda brandingkan lebih cepat menyebar dengan luas. Jangkauan dalam menjalani pengiklanan produk disosial media juga mengalami penaikan yang cukup besar. Digital marketing juga luas dalam artiannya media yang dapat ditaruh iklan juga banyak media sosial, website, dan masih banyak lainnya. Pada masa pandemi berlangsung juga pengunaan media sosial meningkat dan semua perusahaan berbondong-bondong aktif dalam media sosial tersebut untuk mengenalkan produk yang dijualnya.

 

5. Tetap Optimis

Sumber: Google

Saat menjalani bisnis yang paling penting adalah jangan gegabah dan jangan memutuskan keputusan dengan asal-asal. Bukan hanya bisnis Anda saja yang terancam akan penurunan yang drastic, pegawai Anda yang sudah bekerja keras juga akan mengalami dampaknya secara tidak langsung. Menjalani bisnia ini memang harus dengan kesabaran yang ekstra dan strategi yang matang. Dengan begini bisnis Anda akan tetap berjalan dengan lanjar seiring berjalannya pandemic berlangsung.

 

Pada akhirnya kita akan mengalami krisis yang berkepanjangan akibat virus covid-19 bersebut. Kira hidup seiringan dengan penyembuhan total covid-19 tersebut.

Yang pada akhirnya kita akan menjalani bisnis dimasa pandemi seperti ini. Cara yang bisa kita hadapi dalam menjalani bisnis tetap stabil adalah merubah strategi bisnis yang tadinya dilakukan dengan cara offline beralih kedalam bentuk online. Tentunya ini bukanlah adaptasi yang mudah butuh beberapa waktu untuk penyesuaian tersebut hingga bisa dikatakan lancar.

Banyaknya perusahaan yang bertahan dimasa pandemic seperti ini memunculkan sedikit motivasi untuk Anda tetap menjalankan bisnis Anda tetap berjalan seperti biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *