Teknologi

Bagaimana Cara Kerja Cloud Computing?

123 views
Tuesday, April 6, 2021

Cloud computing adalah sebuah software yang bisa digunakan perusahaan untuk menaruh data, penyimpanan data yang keamanannya sangat terjamin, dan aksesnya yang dapat dilakukan dimanapun. Dikenal juga sebagai server  yang berfungsi untuk megelolah data. 

Pemakaian cloud ini dapat di sesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Penggunaanya yang general ini membuat cloud banyak memiliki permintaan yang berbeda dari setiap perusahaannya. Setiap perusahaan ini memiliki kebutuhan yang berbeda, tapi ada beberapa hal yang semua perusahaan tersebut memilikinya yaitu pengolahan data. 

Pengolahan data ini dapat berupa penghitungan keuntungan, kerugian, penjualan, stok  dan keuangan. Semua perusahaan pasti memiliki hal tersebut. Cloud yang dapat membantu penyimpanan data tersebut menjadi salah satu solusinya. 

Data yang kelolanya pun dapat di simpan jika melakukan migrasi ke sistem cloud tersebut. Dan rutin untuk melakukan backup ini membuat kekeliruan dalam mengelola data dapat diminimalisir. 

Dengan biaya yang dapat dikompres dan hanya menggunakan hal yang digunakan ini membuat cloud mulai banyak peminatnya. 

Sumber: Google

Belum lagi dengan penggunaanya yang sangat mudah dan dapat dilakukan dimana saja ini membuat semakin banyak yang melirik. Kata lainnya cloud memiliki banyak fungsi yang belum banyak diketahui orang banyak. 

Masih sedikit yang menjual cloud dengan harga yang terjangkau belum lagi dapat dipakai oleh semua perusahaan, dengan begini cloud menjadi software yang sangat berguna dalam penyimpan data dalam perusahaan. 

Migrasi data pun dapat dibantu oleh penyedia cloud dan backup data yang akan terjadwalkan dengan pengaturannya ini membuat cloud semakin banyak dipercaya dapat menyimpan data dengan aman. 

Penyimpanannya yang dapat diakses secara virtual ini membuat penggunanya tidak diberatkan kepada komputer atau penyimpanan data pada pengunanya. Memori yang diberikannya pun akan disarankan sesuai kebutuhan pengguna cloud tersebut dan jika memori habis maka bisa melakukan pengadaan memori lagi.

Sama kerjanya dengan cloud lainnya yaitu dapat melakukan penyimpanan data, mengedit data atau hanya membacanya saja. Tidak perlu mengkhawatirkan penguna lainnya data tersebut dapat diakses hanya dengan menggunakan internet memudahkan penggunaanya untuk bekerja diluar kantor. 

Software yang dapat langsung dipakai tanpa melakukan installasi. Pusat server akan mengawasi apakah sistem berjalan dengan sesuai alur yang diperintahankan atau tidak. Pembackup-an yang dapat dilakukan saat mengunakan cloud computing tersebut menjadi kelebihannya tersendiri. 

Tidak perlu khawatir lagi kehilangan data atau data yang sudah dikerjakan tidak tersimpan, dengan fitur pengbackup-an tersebut dapat menyimpan data dengan aman. 

Keamanan yang dihadirkan cloud juga 2kali lebih ketat karena akses yang hanya dapat dilakukan melalui internet dan dapat dimana saja. Basic keamanan yang lebih di perketat ini membuat cloud dapat dengan aman diakses melalui web browser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *