Teknologi

4 Langkah Cara Mudah UMKM Beralih ke Digital

177 views
Friday, January 22, 2021

Pandemi covid-19 sudah menerjang hampir seluruh dunia sejak Maret 2020. Berbagai lini bisnis menjadi dampak dari pandemi ini. Banyak perusahan-perusahaan besar harus tutup, termasuk juga UMKM yang harus bertahan saat pandemi ini.

Salah satu cara agar UMKM bisa bertahan adalah dengan transformasi digital. Mungkin sebelumnya UMKM hanya memasarkan produknya secara offline, sekarang UMKM harus beralih ke digital. Dengan beralih ke digital juga, produk yang ditawarkan oleh UMKM tersebut bisa menjangkau seluruh pasar di Indonesia bahkan luar Negeri.

Menjadi digital tidak salah, kenapa? Karena banyak sekali keuntungannya. 

Semenjak pandemi orang-orang sudah tidak lagi pergi ke luar rumah untuk membeli keperluan sehari-hari. Untuk melindungi diri dan keluarga, mereka akan berbelanja melalui online tanpa perlu ke luar rumah. Inilah salah satu keuntungan menjadi digital. 

Tapi bagaimana cara UMKM beralih ke digital? Simak langkah-langkah berikut yuk!

Gunakan Pembayaran Digital untuk menjaga Cashflow

UMKM beralih ke digital

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Pembayaran digital dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dan dapat mengefisiensikan waktu kegiatan jual beli. Tidak hanya menjadi efisien, Anda juga dapat mengelola inventaris dengan baik. Pembayaran secara digital juga meminimalisir terjadinya kontak antara pembeli dan penjual. 

Gunakan Marketplace untuk Memasarkan Bisnis Anda

Saat pandemi seperti ini, pemerintah menganjurkan agar toko-toko offline, Supermarket, Mall dan tempat-tempat ramai agar tutup lebih cepat demi menghindari penyebaran virus yang lebih banyak. Tetapi dengan menggunakan e-commerce atau marketplace Anda tidak perlu memikirkan hal-hal seperti itu. Anda juga tidak lagi memerlukan toko offline. Karena saat ini semua orang beralih ke digital, berbelanja tanpa perlu ke luar rumah.

Gunakan Media Sosial dan Digital Ads 

media sosial

Foto oleh Tracy Le Blanc dari Pexels

Mungkin Anda merasa sudah punya toko online tetapi pembelinya kok belum banyak? Mungkin salah satu tandanya adalah Anda harus memasarkan bisnis Anda lebih luas lagi menggunakan media sosial ataupun melakukan digital ads. Sekarang banyak sekali pilihan platform yang memudahkan bisnis Anda untuk beriklan. Tetapi jangan asal beriklan, ya. Sebelum beriklan alangkah lebih baik agar Anda memerhatikan konten yang akan di iklankan. 

Migrasi ke Cloud agar Bisnis dapat Bertahan

Penerapan teknologi cloud, khususnya, diharapkan berdampak signifikan pada pemotongan biaya, dan berperan dalam menentukan kelangsungan hidup bisnis kecil. Mengapa? Karena teknologi cloud sangat penting untuk proses bisnis UMKM seperti berkolaborasi, saling terhubung dan berkomunikasi. 

Anda tidak perlu khawatir, banyak sekali pilihan Cloud Computing yang tersedia, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Langkah-langkah di atas mudah bukan jika Anda mau mengikuti dan menerapkannya secara perlahan? Jangan takut untuk gagal, itu termasuk dari proses berkembang untuk menjadi yang lebih baik. 

Mari dukung terus UMKM Indonesia dengan membeli produk-produk asli buatan Indonesia.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk di share dan subscribe, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *