Teknologi

Cyber Crime, Kejahatan di Dunia Digital yang Harus di Waspadai

71 views
Tuesday, April 5, 2022

Dunia yang serba digital saat ini memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Seperti tidak perlu repot-repot berbelanja ke luar rumah, bisa mengirim pesan dalam waktu singkat, sampai bisa melakukan video call tanpa terhalang jarak dan waktu. Tetapi apakah kamu tau dibalik banyaknya manfaat di era serba digital ini, banyak juga ancaman yang mengintai?

Ancaman ini sering kita dengar dengan sebutan Cyber Crime. Cyber crime sendiri adalah aktivitas atau tindakan ilegal yang dilakukan pelaku kejahatan untuk mencuri informasi atau semua bentuk tindakan yang tidak sah yang dilakukan menggunakan jaringan komputer.

Terdapat beberapa karakteristik dari kejahatan di dunia maya:

01. Ruang Lingkup Kejahatan

Ruang Lingkup Kejahatan Cybercrime, bersifat global, melintasi batas negara sehingga sulit untuk dideteksi pelaku dan hukum yang berlaku.

02. Sifat Kejahatan

Sifat Kejahatan dari Cybercrime, tidak menimbulkan kekacauan yang mudah terlihat.

03. Perilaku Kejahatan

Pelaku Kejahatan dari Cybercrime, tidak mengenal usia dan bersifat universal. Bahkan beberapa diantaranya masih anak anak dan remaja. Bisa dari kelompok yang geologis ataupun kelompok yang berbisnis secara ilegal dan individu tertentu.

– Modus Kejahatan

Modus Kejahatan dari Cybercrime, adalah modus operand. Dimana modus tersebut hanya bias dimengerti oleh orang-orang yang menguasai pengetahuan tentang Komputer, teknik pemrograman dan seluruh bentuk dunia cyber.

– Jenis kerugian yang ditimbulkan

Dapat berupa material maupun nonmaterial. Seperti waktu, nilai, jasa, uang, barang, harga diri, martabat, bahkan kerahasiaan informasi.

Target pelaku

 Device atau hardware atau software atau juga data personal dari korban.

Cyber Crime memang menyulitkan dan merugikan sebagian orang, maka hal yang perlu kamu lakukan guna mengantisipasi kejahatan siber tersebut adalah dengan melakukan hal berikut ini:

  1. Buat password yang kuat, unik & menggantinya secara rutin 
  2. Pasang kata sandi/keamanan tambahan pada ponsel kamu. 
  3. Hapus akun yang sudah tidak digunakan 
  4. Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan 
  5. Mengabaikan email atau notifikasi lainnya yang mencurigakan 
  6. Selalu periksa data bank dan data kartu kredit secara teratur & waspada terhadap Sim Swap Fraud 
  7. Jangan sembarang membagikan info pribadi 
  8. Jangan ragu untuk melaporkannya kepada pihak berwenang. 
  9. Mengetahui etika digital 
  10. Membiasakan diri berpikir analitis – kritis

Beone Solution menyediakan sistem ERP yang sudah terjamin keamanan datanya sehingga kamu tidak perlu khawatir jika data-data pada bisnismu bocor. Tidak hanya sistem ERP, Beone Solution juga mempunyai solusi IT lainnya yang bisa menunjang kegiatan bisnismu.

Di era serba digital memang memberikan manfaat, tetapi kita juga harus selalu waspada terhadap bahaya yang mengintai setiap saat. Semoga artikel ini berguna untuk kalian, ya!

—- Contact Beone Solution

Call/Whatsapp: 0878-7579-9082

Instagram: @beonesolution

Website: https://beonesolution.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *