SAP

8 Kelebihan ERP Cloud SAP pada Operasional Bisnis

79 views
Thursday, December 1, 2022

ERP Cloud SAP sedang populer selama beberapa waktu terakhir. Memang perkembangan zaman yang semakin maju membuat banyak teknologi baru bermunculan. Hal inilah yang secara langsung dapat memudahkan kebutuhan bisnis.

Akan tetapi, ternyata masih belum banyak pebisnis yang mengetahui kelebihan SAP Business One Cloud untuk operasional bisnis mereka. Nah, untuk Anda yang penasaran, simak artikel ini, ya!

Kelebihan ERP Berbasis Cloud pada Operasional Bisnis

Berikut ini adalah berbagai kelebihan dari penerapan ERP Cloud SAP pada operasional bisnis yang menarik untuk Anda ketahui:

1. Biaya Modal untuk ERP Cloud SAP Lebih Rendah

Salah satu kelebihan utama dari SAP Business One Cloud adalah biaya modalnya yang lebih rendah. Tentu hal ini dapat memangkas biaya operasional yang cukup signifikan. 

Penggunaan sistem SAP cloud computing memang tidak membutuhkan investasi besar. Sebab, tidak perlu membeli atau menyewa infrastruktur untuk mengoperasikannya. Jadi, Anda cukup mengeluarkan biaya untuk adopsi sistem dan otomatisasi pada satu rangkaian penuh.

2. Lebih Mudah Disesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Jika sistem lainnya hanya khusus untuk bisnis tertentu, berbeda halnya dengan sistem SAP yang bisa Anda gunakan pada segala kebutuhan bisnis. Jadi, Anda bisa lebih mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing bisnis dengan transisi yang mudah.

3. Dapat Diakses dari Mana pun dan Kapan pun

Fleksibilitas yang ada pada sistem ini juga menjadi bentuk kemudahan yang dapat Anda rasakan. Sistem SAP berbasis cloud bisa diakses dari mana saja dan kapan saja, sehingga membantu Anda untuk bekerja di segala situasi dan kondisi.

Hal ini dapat terjadi karena ERP Cloud SAP menggunakan penyimpanan yang bisa Anda akses dengan jaringan internet, yang memungkinkan Anda memantau operasional bisnis di mana pun. Karakteristiknya yang fleksibel juga membantu Anda dalam mendapatkan berbagai laporan dengan cepat.

4. Data yang Tersimpan Jadi Lebih Aman

Keamanan data menjadi yang penting untuk Anda perhatikan. Namun, Anda tak perlu khawatir akan terjadinya kebocoran data jika menggunakan sistem SAP ini. Sebab, data yang tersimpan terjamin lebih aman berkat adanya fitur keamanan firewall yang dapat melindungi bisnis dari serangan hacker maupun virus.

Tak hanya itu saja, ERP Cloud SAP juga menggunakan sistem keamanan two factor authentication yang mampu melindungi data dari masuknya pengguna asing yang memaksa masuk ke sistem.

5. Mengurangi Ketergantungan Tim IT

Dengan beralih ke sistem SAP berbasis cloud, sudah pasti Anda tidak lagi membutuhkan banyak sumber daya, khususnya tim IT untuk memelihara dan maintenance infrastruktur sistem.

Hal ini karena teknologi cloud computing pada sistem dapat membuat perusahaan untuk menghemat biaya operasional. Bahkan, tim IT di perusahaan Anda bisa lebih fokus dengan tugas lain yang lebih kompleks.

6. Peningkatan Produktivitas

Sebuah bisnis yang menggunakan sistem ini cenderung mempunyai produktivitas yang lebih besar. Hal ini dapat terjadi karena proses entry data tidak membutuhkan banyak waktu, sebab telah terintegrasi oleh sistem.

Dengan adanya proses redundan otomatis, maka Anda punya lebih banyak waktu untuk mengerjakan proyek dan tugas lainnya.

7. Kelengkapan Fitur SAP

Penggunaan SAP sangat memungkinkan bisnis untuk mengelola transaksi keuangan hingga aktivitas rantai pasokan. Adanya berbagai fitur analitis, seperti pelaporan dan proses evaluasi kinerja tentu sangat membantu operasional bisnis Anda.

Bahkan, SAP juga bisa menganalisis data dari sumber mana saja untuk melakukan pengambilan keputusan kolaboratif. Fitur inilah yang memungkinkan SAP memenuhi kebutuhan bisnis secara kompleks.

8. Membentuk SOP yang Lebih Optimal

Dengan menggunakan sistem ini, pekerjaan bisa terstruktur dengan baik. Apalagi Standar Operasional Prosedur (SOP) berperan penting dalam sebuah bisnis. SOP yang baik akan membuat kinerja karyawan jadi lebih optimal.

Hal ini karena karyawan tahu secara detail tugas dan pekerjaan mereka. SOP yang baik tentunya berpengaruh terhadap peningkatan nilai Key Performance Indicator (KPI) para karyawan. Jadi, Anda akan lebih mudah mengevaluasi kinerja mereka.

Semakin Tertarik untuk Menggunakan ERP Cloud SAP?

Itu dia 8 kelebihan ERP Cloud SAP pada operasional bisnis. Jika Anda tertarik untuk menggunakan sistem ini, pastikan untuk memilih partner yang sudah berpengalaman, ya!

Apalagi investasi sistem ERP bagi sebuah bisnis menjadi hal yang penting demi memberi jaminan pengurangan biaya operasional bisnis, meningkatkan revenue, hingga meminimalisir risiko kecurangan.

Kini, Anda bisa menggunakan SAP Business One Cloud dari BeOne Solution. Mereka menyediakan berbagai layanan sistem SAP terbaik untuk keberlangsungan bisnis Anda.