Teknologi

5 Keuntungan Memakai Sistem ERP untuk Perusahaan

196 views
Monday, January 18, 2021

Perusahaan-perusahaan menggunakan sistem ERP agar lebih memudahkan dalam sistem manajerial perusahaannya hingga keefeisienan para pekerjanya sehingga dapat memberikan nilai tambah dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Sistem ini bisa mendata dari hulu hingga ke hilir proses bisnis, mulai dari memantau proses produksi, mengontrol penjualan, hingga pengelolaan keuangan yang semuanya berada dalam satu sistem.

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan menengah ke atas yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Tujuannya adalah agar semua divisi dapat berkolaborasi dengan baik hanya dengan satu sistem sehingga semua pekerjaan dapat saling terintegrasi dengan baik.

Lalu, apa saja keuntungan menggunakan sistem ERP dalam perusahaan?

Efisiensi dan Produktivitas yang meningkat

Dengan menggunakan sistem ERP, kegiatan harian seperti order barang, stock barang, penjualan, proses akuntansi, hingga transaksi menuju kas dapat berjalan dengan baik dan lebih cepat. Sehingga, pekerjaan akan lebih efisien dan produktivitas pekerjaan semakin meningkat. Tidak hanya meningkatkan produktivitas pengguna, tetapi juga menghilangkan kemungkinan data yang tidak akurat yang dapat menyebabkan kesalahan bisnis

Perencanaan yang terkontrol

Sistem ERP dapat menjadi perencanaan yang baik sehingga dapat membantu manajemen untuk membuat keputusan yang baik dengan memanfaatkan sumber daya seperti material, sumber daya manusia dan mesin. Ini juga membantu perusahaan berpikir ke depan dan merencanakan dengan tepat apa yang dibutuhkan sehingga juga dapat secara efektif menghemat dan menurunkan biaya bisnis.

Dapat meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan

Simplenya, dengan satu sistem semua divisi dapat saling terintegrasi. Ini sangat menguntungkan karena dapat memangkas waktu mengelola aktivitas harian seperti pemesanan barang, mengontrol stock, mengontrol penjualan hingga dalam proses akuntansi sehingga produktivitas dalam pekerjaanpun juga ikut meningkat.

Semua divisi saling terkolaborasi

Tidak dapat dipungkiri, dalam menjalankan bisnis biasanya terdapat human error atau konflik dalam bekerja. Kolaborasi antar departemen adalah bagian bisnis yang krusial dan seringkali diperlukan, terutama karena perusahaan bisa berjalan karena melibatkan lebih dari satu departemen atau divisi. Dengan sistem ERP hal itu dapat di minimalisir karena laporan dalam sistem ERP detail, real time, dan saling terintegrasi sehingga semua divisi dapat berjalan dan berkolaborasi dengan baik untuk menuju kesuksesan suatu perusahaan.

Penghematan biaya

Tentunya dalam berbisnis Anda pasti menghindari membuat kesalahan yang pada akhirnya dapat merugikan bisnis Anda. Dengan satu sumber informasi yang akurat dan real-time, sistem ERP dapat mengurangi biaya administrasi dan operasi, memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan uang di bidang lain yang sangat dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa keuntungan penggunaan ERP yang bisa memudahkan proses bisnis Anda. Jika tertarik ingin menggunakan ERP, Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dulu ke tim konsultan kami yang sudah berpengalaman di nomor +62 878 7579 9081. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk di subscribe, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait