Bisnis

Mengulik Manfaat Point of Sales dari 2 Sisi

173 views
Friday, November 27, 2020

Manfaat Point of Sales – Pernah dengar istilah point of sales? Istilah yang sering juga disebut POS ini adalah tempat pembayaran para pelanggan dalam membeli sebuah produk. Biasanya POS berbentuk mesin, tablet, smarpthone, mesin EDC atau perangkat lainnya yang digunakan untuk transaksi di toko. Di Indonesia sendiri, bentuk POS yang paling umum adalah mesin kasir.

Awalnya, POS hanya berfungsi untuk membantu dan memudahkan para pemilik bisnis dalam menjalankan transaksi. POS bisa menghitung secara cepat, menyimpan uang, dan juga mencetak invoice atau struk bagi para pelanggan.

Kemudian seiring perkembangan teknologi, manfaat point of sales pun bertambah. POS berevolusi menjadi tempat penyimpanan data customer, menghitung laba dan rugi, bahkan untuk merekap laporan penjualan.

Saat ini POS bukan sekadar mesin kasir lagi. POS telah memanfaatkan internet dengan fitur-fitur yang mumpuni untuk membantu para pemilik usaha. Memiliki POS juga semakin mudah, tak perlu membeli alat khusus atau mesin kasir yang mahal. Hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet, Anda sudah bisa membangun sistem POS sendiri untuk bisnis yang Anda punya.

Keuntungan sistem point of sales

Sistem operasional Anda tidak akan efektif jika Anda tidak ikut berkembang seiring berkembangnya era digital ini. Apalagi jika bisnis Anda semakin besar dan semakin banyak jumlah barangnya.

Bayangkan saja, tanpa bantuan sistem POS Anda masih mencatat secara manual mulai dari stok, report, sampai catatan transaksi per harinya. Semua itu pasti sangat merepotkan dan memakan waktu.

Di sinilah pentingnya sistem POS yang akan menyingkat waktu para pemilik usaha dalam bekerja. Apa saja manfaat point of sales dari sisi pemilik usaha?

  • Menyimpan harga barang
  • Mencatat pendapatan, pengeluaran dan laba
  • Mencatat secara otomatis barang yang masuk dan keluar
  • Karena dapat ditangani sendiri, budget untuk mempekerjakan orang secara khusus menangani hal-hal tersebut dapat dipangkas

Baca Juga: 4 Kunci Sistem Manajemen Bisnis: Perlu Anda Prioritaskan!

Keuntungan point of sales untuk pelanggan

Keempat keuntungan di atas dilihat dari sisi penjual atau pemilik usaha. Bagaimana jika dilihat dari sisi pelanggan? Berikut adalah beberapa manfaat point of sales bagi customer anda.

  • Mempermudah pemesanan

Pastinya Anda sering melihat beberapa toko atau restoran yang menggunakan tablet untuk pemesanan produknya. Nah, teknologi tersebut masuk dalam sistem POS, lho!

Dengan adanya sistem point of sales ini, Anda akan dengan mudahnya memilih, membayar, menambah pesanan tanpa harus repot-repot memanggil pramusaji. Tinggal duduk saja dan menunggu makanan datang. Apalagi jika tampilan yang dibuat dalam sistem sangat mementingkan estetika, pastinya akan lebih menarik bagi customer.

  • Fleksibel

Dengan adanya sistem POS, suatu toko tidak akan terpaku lagi dengan satu metode pembayaran saja. Hal ini akan membuat para pelanggan anda merasa lebih fleksibel untuk menggunakan berbagai cara pembayaran.

Semakin canggih teknologi, sistem POS pun akhirnya memiliki fitur cloud alias terhubung dengan internet.

Cloud ini juga bisa diasosiasikan dengan penyimpanan data dalam bentuk digital dan yang pastinya aman. Dengan adanya cloud yang terhubung dengan internet, sistem POS dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan juga tak khawatir akan keamanan data.

Seperti itulah serba-seri mengenai manfaat point of sales yang perlu Anda ketahui. Alat yang dibutuhkan pun tidak perlu terlalu canggih. Asalkan compatible dengan aplikasinya, Anda sudah bisa install POS yang anda pilih. Bahkan, beberapa aplikasi EPOS bisa di-download secara gratis, sehingga budget dari biaya instalasi bisa dialokasikan ke tempat lain seperti menambah alat point of sales yang lebih mumpuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

68 views
August 18, 2021

SAP Business ByDesign dan Manfaatnya