Teknologi

Mengapa Menggunakan Cloud Computing Sebagai Solusi ?

126 views
Tuesday, April 6, 2021

Cloud adalah teknologi yang sudah lama digunakan tapi masih sedikit peminatnya. Karenanya manfaatnya kurang terekpos dan belum banyak orang yang mengetahui harta karun di balik manfaat cloud tersebut. 

Nyatanya cloud memang dapat membantu anda dalam menjalani bisnis anda. Kemudahan dan kepraktisan yang disajikan penyedia cloud ini dapat digunakan untuk semua kalangan perusahaan. 

Cloud memang tidak dikhususkan untuk beberapa perusahaan karena kinerjanya yang dapat digunakan untuk semua perusahaan. Harga yang berikan juga tidak akan terlalu merugikan perusahaan atau bisa dikatakan biaya yang menjadi tagihan sesuai kebutuhan saja. 

Apalagi penyediaan ruang penyimpanan yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan ini membuat  cloud mulai banyak dikenal banyak orang. 

Sumber: Google

Hanya membayar apa yang dipakai

Kemudahan cloud computing dalam pembayarannya adalah biaya yang sesuai dengan pemakaian, apa yang dipakai itu yang dibayar. Dengan begitu biaya yang dikelola tidak akan sewaktu-waktu meledak atau melebihi batas budget. Karena apa yang pakai itu yang bayar. Semua biaya itu sudah mencakup server, software, keamanan, jaringan, database dan masih banyak lainnya. 

Pembayaran ini juga dapat dibagi menjadi biaya tahunan atau bulanan, semakin praktis untuk membayar sistem cloud ini. Pemakaian cloud ini dapat membantu anda dalam menghemat biaya yang cukup besar. 

 

Sumber: Google

Keamanan data 

Karena data yang disimpan melalui berbagai server, pc dan perangkat seluler membuat penyedia cloud memiliki keamanan yang berkali lipat lebih ketat dari pada penyimpanan server lokal biasa. 

Dengan begini data yang anda simpan akan lebih aman dan anti virus yang digunakan juga lebih ketat dari pada biasanya. Data anda akan terjamin aman dari virus atau serangan hacker. 

Sumber: Google

Skalabilitas dan Kecepatan 

Tempat penyimpanan yang sewaktu-waktu dapat ditambah ini membuat cloud memiliki penyediaan tempat penyimpanan yang fleksibel, pengadaan yang bisa dikatakan instan ini menjadi salah satu kelebihan cloud computing.

Apabila sumber daya anda melebihi batas juga dapat dikurangi, sehingga pembayaran yang dapat dibayar akan tetap sesuai dengan apa yang dipakai. Akses yang dapat dilakukan dengan menggunakan internet ini juga dapat terbilang cepat, dapat dilakukan dimana dan kapan saja. 

Ruang penyimpanan yang tidak terbatas

Penyimpanan data ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, waktu yang dibutuhkan untuk pengadaan ruang penyimpanan juga tidak terlalu lama dengan instan ini dapat dengan mudah untuk menambah ruang penyimpanan tersebut. 

Pengadaan yang tidak membutuhkan waktu yang lama ini membuat penguna cloud dapat memakainya kembali pada saat pengadaan berlangsung. Sehingga pengadaan ruang penyimpanan ini tidak akan menghambat pekerjaan yang dikerjaan.

Sumber: Google

Pencadangan dan pemulihan

Data yang disimpan di cloud ini dapat menggunakan pencadangan dengan menggunakan waktu yang telah di jadwalkan. Data akan dengan aman terbackup setiap jamnya (tergantung pengaturan). 

File yang sudah tersimpan ini akan ditaruh di strorage dan data yang telah disimpan dapat diedit atau hanya dapat dibaca saja. Memungkinkan anda dengan kemudahan dalam menyimpan data yang telah anda buat di sistem cloud tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *