Bisnis

Menghindari Bangkrut, Begini Tips Mengelola Bisnis

63 views
Monday, March 28, 2022

Menghindari Bangkrut, Begini Tips Mengelola Bisnis Mengelola bisnis memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika kamu adalah pebisnis yang baru merintis usaha. Tidak jarang, banyak sekali pebisnis yang merasa tidak sanggup mengelola bisnisnya dan berakhir bisnis tersebutpun tutup. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengelola bisnismu. Simak tipsnya, yuk!

 

1. Pahami bisnis yang akan kamu jalankan

Langkah awal, kamu perlu tau dan memahami bisnis yang akan kamu jalankan. Pahami juga apakah bisnismu ini memiliki target pasar tertentu, atau 

2. Kelola Pelangganmu

Bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa memuaskan pelanggan. Jika pelanggan kamu merasa puas atas pelayananmu hingga akhirnya menjadi pelanggan yang loyal, tak jarang mereka malah merekomendasikan bisnismu kepada orang lain sehingga terciptalah pelanggan baru untuk bisnismu.

3. Pastikan Membayar Pajak

Orang bijak, taat pajak. Berlaku juga untuk pebisnis. Pajak adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh warga negara Indonesia. Dengan membayar pajak, artinya kamu turut membantu perekonomian negara.

Baca juga: Tips Untuk Mengurangi Biaya Pengeluaran Bisnis

4. Buat Rencana 5 tahun Kedepan 

Selalu mempunyai rencana. Buatlah rencana minimal 5 tahun ke depan. Bisnismu akan seperti apa, dan wujudkan rencana tersebut secara maksimal. 

5. Lakukan Pemasaran Melalui Digital maupun Konvensional

Lakukanlah pemasaran melalui digital maupun konvensional. Pemasaran diperlukan agar orang-orang mengetahui bisnis apa yang kamu jual atau tawarkan. Pemasaran juga diperlukan untuk meningkatkan omset bisnismu.

6. Mengikuti Perkembangan Zaman

Bisnis yang mengikuti perkembangan zaman umumnya akan selalu bertahan, malah mungkin berkembang pesat. Seperti dahulu berbisnis hanya berjualan di toko fisik, sekarang kamu bisa membuat toko digital. Yang sebelumnya pelangganmu hanya ada di sekitar daerah toko fisik, sekarang pelangganmu bisa satu Indonesia karena danya toko digital yang bisa menjangkau banyak orang. 

7. Evaluasi Bisnis 

Evaluasi bisnis harus dilakukan. Kamu bisa mengevaluasi minimal satu bulan satu kali untuk melihat apakah ada yang kurang dari bisnismu, seperti apa yang perlu ditingkatkan, apa yang perlu dilakukan kedepannya.

Berbisnis memang akan memiliki lika liku, rasanya akan seperti naik tornado. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mengikuti tips di atas untuk mengelola bisnismu. Semangat untuk semua pebisnis!

 

—- Contact Beone Solution

Call/Whatsapp: 0878-7579-9082

Instagram: @beonesolution

Website: https://beonesolution.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *