Bisnis

Modul yang ada di SAP Business One dan Fungsinya

197 views
Friday, May 13, 2022

SAP Business One memiliki berbagai macam modul yang bisa menunjang seluruh proses bisnis dari hulu hingga hilir. Modul-modul ini bisa digunakan dan di akses sehingga para pengguna bisa memaksimalkan proses bisnisnya. Berikut ini berbagai macam modul di SAP Business One beserta fungsinya.

  • Administration

Modul administration berisi dasar Setup sistem untuk Currency exchange Rate, Sistem Setup, Otorisasi, Warning dan fungsi untuk export impor data. 

  • Financial

Modul financial akan memanage semua data akunting dan akun, buku besar, dan laporan keuangan. Selain itu, SAP Business One memiliki fungsi untuk mengontrol budget dan profit untuk mendapatkan pendapatan dan biaya.

  • Sales opportunities

Modul ini membantu bagian penjualan untuk memanage peluang dan menganalisa informasi data penjualan. 

  • Sales A/R

Dengan modul sales A/R, semua aspek proses penjualan, mulai dari pesanan penjualan, pengiriman, invoice hingga retur dapat di handle melalui satu sistem SAP Business One.

  • Purchasing A/P

Mudahkan proses management semua transaksi vendor atau supplier dengan modul ini. Soalnya modul ini berisi tentang proses pembelian barang hingga ke invoice. Selain itu, terdapat fitur  untuk menambahkan harga pokok dari biaya angkut dan fungsi lainnya yang dapat mempermudah proses purchasing.

  • Business Partner

Modul ini mampu menyimpan master data untuk semua Supplier, Pelanggan, dan calon pelanggan.

  • Banking

Modul spesial untuk handle yang secara penuh semua transaksi yang berurusan dengan keuangan.

  • Inventory

Mudahkan management Stock di gudang, daftar harga, harga special, alternatif item, transaksi gudang dengan modul inventory, misalnya Proses pengepakan yang menggunakan Batch dan Serial number.

  • Human resource

Modul human resource memuat informasi karyawan dalam perusahaan dan meningkatkan kemampuan dari masing-masing Staff.

Modul-modul yang ada di SAP Business One merupakan modul standar yang bisa digunakan secara semaksimal mungkin. Tetapi jika ada penambahan dari sisi modul, SAP Business One dapat di kustomisasi sesuai kebutuhan.

SAP Business One sendiri memiliki 2 tipe user, yaitu Professional User dan Limited User. Dimana hal yang membedakan dua tipe user tersebut adalah profesional user biasanya digunakan oleh Owner/Direktur/CEO atau jajaran top management yang bisa mengakses semua modul. Dan limited user biasanya digunakan oleh jajaran staff yang tidak perlu mengakses semua modul. Misalkan divisi finance hanya dibukakan akses untuk modul administration, financial, dan banking.

Sekarang kamu sudah tau kan modul-modul SAP Business One dan fungsinya? Jika artikel ini menarik, jangan lupa subscribe. Konsultasikan kebutuhan modul SAP Business One bersama konsultan bisnis kami melalui 0878-7579-9082.

—- Contact Beone Solution

(Alamat)

Call/Whatsapp: 0878-7579-9082

Instagram: @beonesolution

Website: https://beonesolution.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.