Bisnis

Perbedaan Sistem ERP dengan Sistem Akuntansi

49 views
Tuesday, May 10, 2022

Masih banyak orang menganggap sistem ERP sama dengan sistem akuntansi. Padahal sistem ERP berbeda dengan sistem akuntansi biasa, karena sistem akuntansi biasa hanya fokus kepada proses atau bagian akuntansinya saja, sedangkan ERP tidak terbatas hanya di sistem akuntansi, namun bisa juga untuk keseluruhan proses bisnis perusahaan. Supaya Anda bisa lebih mengenal sistem ERP, yuk kenali perbedaan yang lainnya dengan sistem Akuntansi dengan detail sebagai berikut:

  1. Biaya
    Biaya untuk sistem ERP sudah pasti lebih mahal daripada sistem akuntansi biasa, karena sistem ERP menyajikan solusi yang lengkap tidak hanya menunjang satu divisi saja seperti sistem akuntansi, tetapi bisa digunakan oleh semua divisi di perusahaan sehingga proses bisnis perusahaan bisa berjalan dengan baik.
  2. Modul
    Jika sistem akuntansi hanya bisa digunakan oleh bagian akunting, beda halnya dengan sistem ERP. Sistem ERP memiliki modul-modul yang lengkap yang bisa digunakan oleh semua divisi. Sehingga bukan hanya bagian akuntingnya saja yang tersistematis, semua divisi menjadi sistematis secara digital dan tidak lagi manual sehingga pekerjaan akan lebih efisien dan cepat terselesaikan.
  3. Kustomisasi
    Kebutuhan modul pada sistem ERP dapat di sesuaikan dengan kebutuhan kamu, jika memang harus ada penambahan atau kustomisasi, sistem ERP dapat menjadi jawabannya, namun untuk sistem akuntansi biasanya tidak bisa di kustomisasi dan sudah memiliki fitur yang sudah menjadi satu.
  4. Pengguna
    Jika sistem akuntansi hanya dapat digunakan oleh finance atau divisi yang mengurus keuangan. Lain hal dengan Sistem ERP yang biasanya dikhususkan untuk perusahaan besar serta memiliki lebih dari 100 karyawan bahkan lebih. Karena lisensi setiap orang dapat memiliki akses yang berbeda tiap divisi.

Jika kamu mencari sistem yang hanya fokus pada akunting, sistem akuntansi adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kamu mencari sistem yang bisa menunjang semua proses bisnis perusahaanmu, sistem ERP adalah solusi yang sesuai dengan perusahaan. Baik sistem akuntansi maupun sistem ERP, keduanya sangat baik tergantung kepada kebutuhan dan kepentingan dari bisnismu. 

Sedang mencari dan mempertimbangkan untuk memakai ERP? Yuk hubungi konsultan bisnis kami di 0878-7579-9082 untuk request demo SAP Business One atau SAP Business ByDesign secara gratis! Anda juga bisa request demo kepada konsultan kami.

—- Contact Beone Solution

Call/Whatsapp: 0878-7579-9082

Instagram: @beonesolution

Website: https://beonesolution.com/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *