Teknologi

Alasan Logis Mengapa Layanan Cloud Sistem Aman

15 views
Tuesday, April 6, 2021

Perusahaan yang meragukan keamanan cloud adalah yang tidak mengetahui bagaimana cara kerja cloud atau penyimpanan yang tidak jelas bukan? 

 

Dimana penyimpanan data cloud sebenarnya?

Memang kita tidak mengetahui dimana letak server yang digunakan untuk meletakan data atau file yang kita simpan tersebut. Yang kita tahu adalah kita hanya menyimpan data file tersebut diatas awan. Seperti aplikasi yang mengawang tapi anehnya mengapa banyak perusahaan yang percaya dengan penyimpanan cloud. 

Jika perusahaan anda terletak di daerah yang rawan akan banjir, tentu menyimpan data diperusahaan anda tidak akan aman dan anda akan merasakan waswas setiap turun hujan. Apalagi jika anda tidak memiliki backup data, lebih menyulitkan dan membuat pekerjaan anda 2kali lebih banyak. 

Penyimpanan cloud ini tidak membutuhkan tempat yang banyak karena memanfaatkan teknologi berbasis internet. Hanya menggunakan internet data anda akan tersimpan dengan aman, saat mengakses data tersebut anda hanya membutuhkan akses username dan password. 

Biaya yang bayar juga sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan. Tidak perlu menguruskan biaya pemeliharaan atau biaya listrik yang diperlukan server itu semua urusan pihak pertama. Kemudahan ini yang dibutuhkan perusahaan dalam maintenance file tersebut. 

Mengapa keamanannya terjamin?

Tempat yang tidak diketahui banyak orang ini merupakan salah satu kelebihan penyimpanan cloud. Jika tempatnya saja hanya beberapa orang yang mengetahuinya saja maka keamanannya pasti terjamin. Pasti ada kontrak yang diikatkan dengan mereka jika mereka dengan asal menyebarkan data perusahaan yang bersangkutan. 

Selain itu ada keamaan softwarenya juga yang bernama DDos yang mampu menahan serangan ransomware. Keamananan ini dikembangkan oleh Huawei dan sudah terbukti bahwa teknologi ini aman untuk digunakan semua kalangan perusahaan. 

Basic keamanan yang digunakannya saja sudah terlihat menyakinkan dan sudah jelas teknologi yang gunakan bukan sembarangan antivirus. Dengan kualitas yang tinggi ini memungkinkan keamanan yang terjamin untuk menaruh data di cloud tersebut. 

Baca juga: Apakah Aman Menyimpan Data Perusahaan di Cloud?

Bagaimana cara Cloud menyimpan Data tersebut?

Sama seperti penyimpanan cloud lainnya, data yang ingin anda simpan ini hanya tinggal menguploadnya ke cloud sistem tersebut dan data akan langsung tersimpan dengan otomatis. 

Dengan penyimpanan yang otomatis ini langsung dapat dengan cepat menyimpan data yang sedang dikerjaan. Tidak ada lagi alasan bahwa data yang anda kerjakan belum disave data yang sudah di simpan mengunakan cloud ini dapat diedit atau hanya dibaca. 

Data yang dikelola menggunakan internet ini memudahkan para penggunakanya untuk mengakses dimana dan kapan saja.

Apa yang terjadi jika data tidak sengaja terhapus?

Kecerobohan dan kurang ketelitian memang tidak dapat dipungkiri, jika kecerobohan menghapus data perusahaan yang penting pasti akan kena omel habis-habisan. 

Sistem cloud memanfaatkan teknologi Fitur cloud backup and recovery atau Cloud Backup service, sesuai namanya fitur ini dapat membackup data yang sudah terhapus dan dikembalikan dengan file yang sama percis seperti data terakhir dihapus. 

Data yang disimpan akan tersimpan di ECS (Elastic Cloud Server). CBS (cloud backup sevice) akan melakukan backup sesuai schedule yang sudah dibuat oleh operator untuk membackup data tersebut. Data yang sudah di backup akan tersimpan di storage CBS (Cloud Backup Service) tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *