Bisnis

Apa Itu Modul MRP dalam SAP Business One?

253 views
Wednesday, July 13, 2022

Material Requirement Planning (MRP) dalam SAP Business One berfungsi untuk mengelola MRP melalui proses berbasis wizard. Proses ini memungkinkan pengguna untuk menentukan skenario perencanaan yang mudah hingga memprediksi permintaan berdasarkan perkiraan. Selain itu, Material Requirement Planning (MRP) juga dapat memberikan rekomendasi pesanan pembelian serta pesanan produksi berdasarkan status transaksi yang real-time dalam sistem. Sehingga, Anda dapat terhindar dari risiko kehabisan atau kelebihan persediaan di gudang.

modul MRP di SAP Business One

Apa saja Fitur yang dimiliki oleh Modul MRP dalam SAP Business One?

  1. MRP Wizard
    Fitur ini dapat membantu Anda untuk merencanakan, mengoptimalkan kebutuhan material di masa mendatang, mengelola hingga memberikan rekomendasi pembelian dan penjualan. Sehingga, risiko kehabisan atau kelebihan persediaan di gudang dapat terhindarkan.
  2. Rekomendasi
    Fitur ini dapat membuat rekomendasi yang sesuai dalam hal merencanakan persediaan di gudang. Sebab, sistem dapat mempertimbangkan berbagai sumber pemesanan serta pembelian produksi berdasarkan status transaksi yang real-time. Misalnya status penawaran dan permintaan, pesanan produksi yang direncanakan, open purchase order, actual sales orders, forecasted orders, data master seperti BOM, hingga data perencanaan seperti waktu tunggu dan level stok minimum.
  3. Hasil MRP
    Sistem MRP memungkinkan Anda untuk menyortir, memfilter, dan menelusuri informasi pengelompokan MRP ke penerimaan dan persyaratan aktual (perkiraan atau pesanan penjualan) dan mengedit, jumlah baris pesanan pembelian individu.
  4. Modelling
    MRP dapat dijalankan kapan saja dan dapat digunakan untuk tujuan pemodelan/percontohan dan dengan kondisi (eg. ‘What if’ ).

Baca juga: Kenali Perbedaan Lisensi di SAP Business One

Apa saja manfaat dari fitur MRP dalam SAP Business One?

  • Mengurangi kesalahan

Manfaat MRP dalam SAP Business One menggantikan penjadwalan produksi informal, ad hoc, penjadwalan produksi yang rawan kesalahan manusia dengan proses yang lebih terstruktur. Sehingga dalam proses produksi dapat memungkinkan lebih banyak orang untuk berpartisipasi dengan menggunakan informasi yang lebih baik.

  • Kurangi biaya langsung

SAP Business One MRP membantu mengurangi biaya dengan mempertimbangkan jumlah pesanan minimum dan kelipatan pesanan serta membantu pengguna memanfaatkan purchase pricing quantity breaks atau ukuran batch produksi standar.

  • Fokus pada manajemen strategis

Manfaat MRP bisa membuat manajer pengadaan dapat fokus pada pengadaan strategis, daripada mengkhawatirkan akurasi inventaris.

  • Kurangi tingkat stok

MRP juga bisa bermanfaat untuk mengurangi stok pengaman atau beberapa PO untuk item yang sama oleh manajer gudang atau pembelian yang berbeda. Tentu hal ini juga bisa bermanfaat dalam meminimalisir kesalahan.

Pada dasarnya sistem MRP dalam SAP Business One tidak dapat memesan secara otomatis, tetapi membantu merekomendasikan atau menyarankannya. Sehingga MRP bisa membantu pengguna untuk dapat menentukan berapa banyak item yang harus dibeli dan diproduksi. Dengan demikian, pesanan produksi dan pesanan pembelian dapat dibuat secara otomatis berdasarkan laporan rekomendasi pesanan. 

Apakah Anda ingin mengetahui atau bertanya lebih lanjut seputar MRP di SAP Business One? Anda bisa langsung menghubungi konsultan bisnis kami melalui nomor telepon 0878-7579-9082.

—- Contact Beone Solution

Rukan Crown Blok B No 3, Green Lake City, Petir, Cipondoh, Tangerang

Call/Whatsapp: 0878-7579-9082

Instagram: @beonesolution

Website: https://beonesolution.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.