Tips & Trick

Benarkah Ada Bisnis yang Tidak membutuhkan Strategi Marketing?

90 views
Friday, March 5, 2021

Faktanya semua bisnis membutuhkan strategi marketing.

Semua bisnis diciptakan pasti ada masalah yang tercipta sebelum itu, seperti tukang service handphone target orang-orang yang menjadi pelanggannya adalah seseorang yang mengalami kerusakan pada handphonenya.

Bagaimana strategi marketing?

Bisa saja dilakukan dengan dari ‘mulut ke mulut’ atau dengan cara testimoni banyak orang yang sudah menservice handphonenya di toko tersebut.

Banyaknya tertimoni saja tidak cukup. Adalagi strategi yang bisa dilakukan yaitu dengan menghadirkan diskon untuk pelanggan yang memiliki kartu membership.

Jika dengan menjadi membership mendapatkan potongan harga yang luar biasa murahnya tentunya orang tersebut akan merekomendasikan tempat tersebut kepada kerabatnya.

Tanpa disadari toko anda akan menjadi buah bibir di suatu kalangan.

Sumber: Google

Bisnis yang terbilang kecil saja tidak disangka memiliki strategi bisnis bukan?

Baca juga:  4 Langkah Cara Mudah UMKM Beralih ke Digital

Tentunya dengan strategi bisnis yang cerdik ini bukan hanya mendatangi pelanggan tapi menarik untuk calon pelanggan mencoba produk atau jasa yang anda jual.

Sudah dipastikan mau itu perusahaan besar atau kecil tentunya dibutuhkan strategi yang matang dan penuh kehati-hatian. Dengan begini produk atau jasa yang anda jual akan terus menerus memunculkan pelanggan baru.

Kebanyakan perusahaan membuat tim khusus yang akan menangani marketing pemasaran tersebut. Adanya tim tersebut yang berfungsi hanya untuk memasarkan atau branding tanpa adanya target penjualan.

Mengenalkan produk atau jasa yang anda sediakan menjadi dikenal dalam semua kalangan dan sasaran calon pelanggan yang anda targetkan tepat sasaran.

Sumber: Google

Tim ini jugalah yang memikirkan strategi apa yang tepat untuk digunakan bisnis Anda. Target penjualan yang berbeda ini tidak mungkin asal-asalan, seperti anda menjual baju anak kecil tapi dengan desain yang elegan ini sangat salah. Dikarenakan anak kecil memiliki ketertarikan dengan tokoh kartun atau dengan warna yang cenderung mencolok dan tentunya ini lebih menarin untuk ukuran anak-anak. Strategi yang tepat inilah yang dibutuhkan perusahaan untuk menarik para target pembelinya.

Selain menentukan target pembeli, tim marketing juga memikirkan bagaimana caranya untuk mengenalkan produk atau jasa yang anda sajikan dikenal banyak orang. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara branding dengan influencer atau dengan cara mengiklankan produk atau jasa anda di berbagai media sosial dan juga website.

Marketing juga akan membantu anda dalam lebih mengenalkan produk yang anda jual. Seperti hal apa yang lebih menarik dalam produk anda juga harus di tonjolkan karena ini dapat menjadi daya Tarik bagi calon peminat.

Baca juga : 6 Tips Ini Bisa Hindari Krisis Keuangan Selama New Normal

Tim strategi marketing juga akan menilai bagaimana produk yang dijual ini tepat sasaran atau tidak. Dan terus dievaluasi melalui strategi marketing yang dijalaninya.

Dengan perkembangan yang harus dipantau inilah yang menjadi titik acuan pada strategi marketing berikutnya akan dilakukan dengan begini perusahaan akan menuju kedepan.

Menjalani strategi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, perlu membuang waktu, tenaga, dan ide tentunya. Strategi marketing ini membutuhkan proses yang tidak sebentar dan pastinya aka nada masa dimana anda harus ‘membakar uang’ terlebih dahulu.

Oleh karena itu strategi ini harus dilakukan dengan cara yang matang dan tepat dengan bantuan tim yang memadai ini lah perusahaan bisa mencapai target yang diinginkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *