Teknologi

Bentuk Industri 4.0: Apa yang Perlu Disiapkan?

76 views
Tuesday, November 24, 2020

Kemajuan teknologi tengah berkembang pesat di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Istilah baru seperti revolusi industri 4.0 mungkin sudah sering Anda dengar di berita atau percakapan sehari-hari. Namun, seperti apa bentuk industri 4.0 tersebut? 

Pengertian Revolusi Industri 4.0

Ada sebuah fenomena baru yang muncul di revolusi industri 4.0 ini, yakni kombinasi penggunaan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi di kehidupan sehari-hari. Kombinasi pengaplikasian dari keduanya berakar dari otomatisasi yang dilakukan teknologi tanpa adanya campur tangan tenaga manusia.

Dari fenomena tersebut, tentu saja bentuk industri 4.0 ini menunjukkan efisiensi waktu pada lingkup kerja tertentu. Sebab penggunaan teknologi yang serba cepat dapat membantu proses produksi yang lebih efisien daripada proses yang konvensional.

Penerapan industri 4.0 ini sangat dekat dengan keseharian kita. Dewasa ini kita tidak bisa terlepas dengan kecanggihan teknologi yang membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat. Contohnya saja seperti pemesanan transportasi, kini segalanya bisa diakses kapan saja dan dimana saja melalui ruang cyber tanpa perlu repot.

Banyak pula lapisan kegiatan yang meningkatkan perekonomian yang diarahkan ke proses digital, seperti jual beli barang, kampanye marketing, dan lain sebagainya. Ini merupakan segelintir contoh bahwa bahwa bentuk industri 4.0 yang memanfaatkan teknologi memberi dampak yang bermanfaat di kalangan masyarakat. 

Macam-macam teknologi yang menjadi pilar dalam revolusi industri 4.0

Ada 9 macam teknologi yang akan menjadi pilar dalam perkembangan industri 4.0 ini. Teknologi-teknologi tersebut diciptakan untuk mempersiapkan industri yang lebih siap dan lebih baik untuk melangkah ke era digital.

  1. Internet of Things (IoT): Sebuah objek yang mampu mentransfer data melalui jaringan internet tanpa adanya campur tangan manusia. 
  2. Augmented Reality: Memproyeksikan benda maya (2D maupun 3D) ke dalam dunia nyata.
  3. Artificial Intelligence: Teknologi komputer maupun mesin yang memiliki kecerdasan seperti manusia, bahkan bisa diatur sesuai dengan keinginan manusia.
  4. Big Data: Volume data yang besar yang dapat menjadi penentu arah bisnis.
  5. Cyber Security: Sebuah sistem yang melindungi informasi dari cyber attack.
  6. System Integration: Penggabungan berbagai sistem menjadi satu. Dapat menjamin seluruh sistem dapat berfungsi sebagai kesatuan.
  7. Additive Manufacturing: Penggunaan printer 3D sebagai terobosan baru dalam dunia desain dan manufaktur.
  8. Cloud Computing: Sebuah sistem yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan aplikasi dan data.
  9. Simulation: Proses yang dilakukan dalam berbagai proses di dunia digital.

Baca Juga: Mengenal Internet of Things Lebih Dalam

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Kemunculan pembaruan teknologi dalam industri 4.0 ini dapat dikategorikan sebagai hal baru, sehingga kita sebagai masyarakat perlu melakukan persiapan agar dapat memanfaatkan teknologi tersebut sebaik mungkin dan menciptakan kehidupan yang lebih layak.

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan yaitu membiasakan diri dengan peralihan yang serba online untuk seluruh lapisan kegiatan sehari-hari. Contohnya saja dengan mengalihkan bisnis Anda menjadi bisnis berbasis online. Bersama dengan BeOne Solution, kami membantu perusahaan Anda untuk mencapai dan menjalankan praktik terbaik dalam operasi bisnis secara online.

Memanfaatkan solusi SAP, IoT, pembelajaran mesin, dan teknologi analitik canggih, kami membantu mengubah bisnis Anda menjadi perusahaan cerdas. Dengan konsultasi bisnis bersama kami, kami memungkinkan pelanggan untuk beroperasi secara menguntungkan, terus beradaptasi, dan memimpin dalam persaingan bisnis yang dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *