SAP

ERP Cloud SAP: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

696 views
Rabu, Februari 1, 2023

ERP Cloud SAP adalah jenis software yang bekerja mengolah data transaksi bisnis secara real time yang berbasis jaringan internet. Tujuan utamanya adalah bantu perusahaan mengoptimalkan business process, sehingga kinerja perusahaan meningkat.

Alasan Perusahaan Menggunakan ERP Cloud SAP

Perusahaan pasti memiliki data dan membutuhkan pengelolaan serta penyimpanan yang tepat. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, software ERP diklaim lebih efektif bantu meningkatkan kinerja dalam perusahaan.

Pengelolaan dan penyimpanan data secara real time akan memudahkan Anda memantau dan mengambil keputusan bisnis yang tepat. Karena berbasis real time, otomatis Anda membutuhkan jaringan internet untuk menggunakan sistem ini.

Kelebihan Cloud

Jika Anda menggunakan ERP Cloud SAP atau penyimpanan berbasis cloud, Anda bisa menyimak beberapa kelebihannya berikut ini:

1. Fleksibel

Kelebihan pertama adalah fleksibel. Anda bisa mengakses penyimpanan database perusahaan dari mana saja. Sebab, cloud storage tidak membutuhkan hardware tambahan sebagai penyimpanan data perusahaan. Jadi, penyimpanan berbasis cloud ini sangat fleksibel.

2. Sangat Aman

Database perusahaan harus disimpan di tempat yang aman. Salah satu tempat yang aman untuk menyimpan database tersebut adalah cloud storage atau sejenis ERP Cloud SAP.

Sedangkan penyimpanan hardware seperti flashdisk lebih rentan rusak atau bahkan hilang. Sehingga, data-data perusahaan akan hilang atau bahkan disalahgunakan oleh orang lain.

Berbeda dengan cloud storage yang bisa Anda akses secara online. Hanya berbekal jaringan internet, data-data perusahaan akan tetap tersimpan dengan aman dan tidak hilang.

3. Aman dari Virus

Semua perusahaan penyedia cloud storage selalu membekali antivirus dalam software mereka. Jadi, data-data yang Anda simpan akan tetap aman dan tidak mudah rusak karena virus. Anda juga tidak perlu khawatir, karena seluruh data otomatis akan ter-backup di server lain sebagai antisipasi jika server awal rusak.

4. Privasi Lebih Terjaga

Penyimpanan berbasis cloud memiliki keamanan yang cukup tinggi. Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password, agar bisa mengakses cloud storage. Jadi, tidak sembarangan orang bisa mengakses database perusahaan yang Anda simpan.

Kekurangan Cloud

Selain kelebihan, ternyata penyimpanan database berbasis cloud memiliki kekurangan. Apa saja? Sebagai bahan pertimbangan Anda, berikut kekurangannya yang harus Anda ketahui:

1. Harus Terkoneksi dengan Internet

Cloud storage atau software ERP Cloud SAP berbasis internet. Jadi, Anda hanya bisa mengakses database jika sudah terkoneksi dengan internet.

Di kota-kota besar, mungkin kekurangan ini tidak akan terasa, tapi jika Anda sedang melakukan perjalanan bisnis ke daerah, bisa saja Anda kesulitan mengakses cloud storage, karena kendala jaringan internet.

2. Permasalahan Teknis

Permasalahan teknis yang bisa saja terjadi adalah Anda lupa username atau password. Sehingga, Anda harus menghubungi pihak penyedia cloud storage, agar bisa kembali mengaksesnya.

Manfaat Menggunakan Cloud Storage

Selain berfungsi sebagai penyimpanan data, Anda juga bisa memanfaatkan cloud storage demi keberlangsungan perusahaan. Manfaat tersebut meliputi:

1. Berbagi Data

Anda bisa dengan mudah berbagi data perusahaan kepada departemen-departemen penting. Dalam prosesnya, Anda tidak perlu melakukan pertemuan. Hanya bermodalkan koneksi internet, Anda bisa membagikan data meski tidak berada di lokasi yang sama.

2. Penyimpanan yang Ramah Lingkungan

Penyimpanan berbasis software lebih ramah lingkungan dibanding penyimpanan hardware. Jika software penyimpanan rusak, Anda tidak perlu membuang software tersebut seperti hardware. Sebab, akan ada perbaikan hingga cloud storage bisa Anda gunakan lagi.

Ketika terjadi masalah, Anda bisa melakukan recovery atau pemulihan. Jadi, tidak perlu khawatir, karena data perusahaan tidak akan hilang.

Selain manfaat di atas, penggunaan software seperti ERP cloud SAP ternyata bisa bantu mengurangi biaya operasional, mengurangi risiko kecurangan, menghindari kelalaian, dan meningkatkan revenue perusahaan.

SAP Business One Cloud, Solusi Data Cloud Perusahaan!

Demi keberlangsungan perusahaan, Anda bisa memaksimalkan SAP business one HANA cloud. SAP HANA merupakan platform yang bantu meningkatkan kecepatan kinerja sebuah aplikasi.

Anda bisa menggunakan SAP Business One on cloud dengan menentukan partner yang berpengalaman seperti BeOne Solution. Tunggu apalagi? Yuk, klik website tersebut, agar Anda bisa mendapatkan layanan SAP Business One on cloud terbaik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *