SAP

5 Keuntungan Sistem ERP Indonesia yang Sudah Open API

819 views
Selasa, Januari 31, 2023

ERP singkatan dari Enterprise Resource Planning yang merupakan proses melalui rangkaian software terintegrasi berupa pengumpulan dan pengorganisasian data bisnis. Saat ini, sudah banyak ERP Indonesia yang Open API, karena memiliki banyak keuntungan.

Lalu, apa itu Open Api dan apa manfaatnya untuk bisnis? Pada kesempatan ini semua pertanyaan Anda tentang Open API akan terjawab secara lengkap. 

Apa Itu Open API?

API atau Application Programming Interface adalah interface yang mampu menghubungkan aplikasi yang satu dengan aplikasi lainnya.

Sedangkan, Open API maksudnya adalah sekumpulan fungsi, perintah, dan protokol yang dapat digunakan programmer untuk membantu komponen software aplikasi untuk saling terintegrasi. 

Sehingga, API dapat diakses oleh publik serta mampu diimplementasikan dalam sistem yang dikehendaki, termasuk sistem ERP.

Tentu saja, ERP memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain kegiatan operasional bisnis lebih efisien, kekurangan ERP terletak pada kerumitan sistem dan kesulitan karyawan dalam beradaptasi. Oleh karena itu, Open API hadir untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Sementara itu, sifat Open API terbagi menjadi 3 berdasarkan hak aksesnya, yaitu private API, partner API, dan public API.  

Manfaat Open API

Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dengan sistem ERP yang sudah Open API untuk bisnis, yaitu:

  • Menghubungkan dan mengintegrasikan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya untuk saling berinteraksi.
  • Mendapat kemudahan dalam mengelola pesan yang masuk dan keluar.
  • Memudahkan pengelolaan percakapan dari berbagai platform dengan mudah dan efisien.
  • Data berada dalam satu sistem terpusat dengan tingkat keamanan tinggi.
  • Memungkinkan aplikasi memiliki fitur yang lebih banyak tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengembangan yang lebih besar.

5 Keuntungan Sistem ERP yang Sudah Open API

Berikut ini 5 keuntungan sistem ERP Indonesia yang sudah Open API, yaitu:

1. Meningkatkan Kinerja Aplikasi Lebih Fungsional

Pertama, ERP yang sudah Open API mampu meningkatkan kinerja aplikasi menjadi lebih fungsional, meskipun memiliki sistem yang rumit. Anda tidak harus menambahkan data manual atau menjalin kerja sama dengan banyak pihak untuk memiliki fitur tambahan.

Sebagai contoh, pembeli dapat melakukan pembayaran dari bank mana saja dengan memanfaatkan API payment gateway. Sehingga, Anda tidak perlu bekerja sama dengan berbagai bank.

2. Membangun Aplikasi Lintas Platform Lebih Efisien

Dengan bantuan API, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya, jika ingin mengembangkan aplikasi, bahkan hingga lintas platform sekalipun. Hal itu bisa Anda lakukan dengan lebih efisien.

Misalnya, Anda memiliki website pemesanan hotel dari berbagai dunia. Maka, API cukup melakukan integrasi dengan layanan hotel dari berbagai negara tersebut. Sehingga, tidak harus memasukkan harga, update kamar kosong, dan lain sebagainya secara manual. Cukup praktis bukan?

3. Meringankan Beban Server Aplikasi

Keuntungan menggunakan API untuk sistem ERP di Indonesia yang ketiga adalah dapat meringankan beban server aplikasi. Pasalnya, semua data yang diperlukan oleh server tidak perlu Anda simpan. 

Dengan bantuan API, Anda bisa memberikan instruksi agar sistem memperoleh data terbaru dari server aplikasi asal. Sehingga, dapat meminimalisir risiko website server down yang hanya akan menjadi kendala bagi pelanggan dan mendatangkan kerugian. 

4. Mengurangi Risiko Keamanan

Sistem ERP yang sudah Open API tentu saja bisa mengurangi risiko bahaya keamanan yang mengancam. Pastinya, Anda harus memilih mitra penyedia layanan Open API berkualitas yang menerapkan standar global.

Dengan demikian, privasi data Anda bisa terjamin dan terhindar dari kebocoran atau pencurian data yang dapat merugikan bisnis.

5. Hemat Biaya

Keuntungan kelima yang Anda peroleh dengan pemanfaatan API adalah hemat biaya. Sebab, sistem ini mampu meningkatkan kinerja aplikasi dan membantu pengembangan aplikasi menjadi lebih efisien. 

Pasalnya, jika ingin mengembangkan aplikasi atau menambah fitur secara manual, Anda harus mengeluarkan uang untuk server, komputasi awan, basis data, dan masih banyak lagi.

Sedangkan, dengan API Anda hanya perlu melakukan integrasi antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Sehingga, beban biaya bisa berkurang.

Cari Open API Terbaik di Indonesia untuk Sistem ERP?

Demikian informasi mengenai 5 keuntungan sistem ERP yang sudah Open API. Jika Anda sedang mencari solusi Open API terbaik di Indonesia untuk sistem ERP, SAP Business One adalah jawabannya. Yuk, tentukan partner pilihan Anda untuk implementasi SAP Business One hanya pada yang berpengalaman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *