SAP

Kelola Gudang Lebih Efisien dengan Fitur Bin Location di SAP Business One

144 views
Friday, August 12, 2022

Pengelolaan stok di gudang sangatlah penting mengingat banyak sekali barang yang harus dikelola agar proses bisnis juga dapat berjalan dengan lancar. SAP Business One mempunyai fitur bin location untuk membantu perusahaan memenuhi persyaratan manajemen inventaris dan produksi mereka. Bin location memungkinkan pengguna menyiapkan stok di gudang gudang untuk mengelola stok dengan lebih baik.

Bin location adalah fitur yang membantu pengguna untuk mencatatkan struktur tata letak suatu barang atau stok dalam Gudang. Bin Location memiliki fungsi seperti peta yang menunjukan lokasi dari barang barang tertentu. SAP Business One tidak hanya dapat mencatat semua gudang yang di miliki perusahaan akan tetapi juga dapat mencatat unit terkecil dari suatu area di dalam gudang.

Fungsi Bin Location 

  • Secara signifikan memiliki fungsi dan manfaat untuk mengurangi waktu Picking (pengambilan) karena peletakannya yang sudah jelas.
  • Memfasilitasi & mendukung picking requirements dan processes. Jadi pengguna dapat mengetahui alamat dan letak jelas stok atau inventori di dalam gudang.
  • Posisi real time dari setiap inventory. Stok atau barang yang kosong akan langsung terdeteksi secara real time. 
  • Penghitungan Inventory yang lebih cepat dan akurat.

 

Baca juga: Apa Itu Modul MRP dalam SAP Business One?

Mengatur Bin Location Pada Gudang

Untuk mengaktifkan lokasi bin di gudang, pilih kotak centang Aktifkan Lokasi Bin pada Tap General

bin location

Setelah mangaktifkan Bin Location selanjutnya :

  1. Akan muncul Tap Bin Location
  2. Semua pengaturan yang terkait tentang Bin Location ada pada tap ini
  3. Tentukan Bin Location yang di butuh kan
  4. Kotak centang aktifkan Lokasi Bin dapat dihapus centangnya kapan saja selama tidak ada tempat sampah transaksi lokasi dan tidak ada kode lokasi bin yang dibuat (kecuali untuk System Bin Kode lokasi)
  5. Kode Sublevel Gudang apa pun yang ditentukan dalam sistem akan disimpan dan tersedia satu kali mengaktifkan lokasi bin lagi

Sekarang kalian sudah paham kan bagaimana bin location bekerja? Tak perlu khawatir lagi jika stok tercecer dan berantakan apalagi jika hilang. Karena sudah ada bin location yang bisa mengatur stok di gudangmu. Sebagai salah satu fitur yang ada di SAP Business One, bin location menjadi salah satu fitur unggulan yang menarik dan memiliki banyak manfaat.

Ingin mengatur stok dan inventory gudang dengan lebih rapi dan mudah? Konsultasikan kebutuhanmu dengan Business Consultant kami di 0878-7579-9082. 

—- Contact Beone Solution

Rukan Crown Blok B No 3, Green Lake City, Petir, Cipondoh, Tangerang

Call/Whatsapp: 0878-7579-9082

Instagram: @beonesolution

Website: https://beonesolution.com/

 

One reply on “Kelola Gudang Lebih Efisien dengan Fitur Bin Location di SAP Business One”

Leave a Reply

Your email address will not be published.