SAP

Bidang Bisnis Apa Saja yang Bisa Menggunakan SAP Business One?

63 views
Thursday, December 29, 2022

SAP Business One adalah salah satu hasil teknologi terkini di dunia bisnis yang sudah tidak asing lagi bagi para pengusaha. Bahkan kini mulai banyak perusahaan yang telah menggunakan teknologi tersebut.

Namun, sebenarnya apa saja bidang bisnis yang dapat menerapkan SAP dan perusahaan mana saja yang sudah menggunakan aplikasi ini?

Industri Bisnis yang Bisa Menggunakan SAP Business One

Sekarang ini, SAP memang bisa Anda aplikasikan pada berbagai industri bisnis. Adapun industri bisnis yang bisa menggunakan SAP Business One adalah sebagai berikut:

1. Food & Beverage

Food & Beverage (F&B) merupakan industri yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dalam menyediakan makanan dan minuman. Umumnya, bisnis ini berkaitan dengan hotel atau instansi yang dikelola secara komersial.

Dengan menggunakan SAP, bisnis F&B bisa mengatasi berbagai tantangan operasional bisnis. Misalnya, Integrasi Point of Sales, kontrol inventaris, manajemen dapur pusat, hingga pengadaan outlet serta pemborosan makanan, dan kemampuan penelusuran.

2. Manufacture

Manufacture merupakan industri bisnis yang kegiatan operasionalnya menggunakan mesin, tenaga kerja, dan peralatan tertentu. Anda bisa memahami manufacture sebagai industri yang mengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual tinggi.

Dalam industri manufacture, fungsi penerapan SAP Business adalah untuk mengelola stok barang di perusahaan dan juga membuat laporan keuangan dengan cepat dan tepat secara real time

3. Trading dan Distribusi

Siapa sangka jika industri trading dan distribusi ternyata erat kaitannya dengan penggunaan SAP. Hal ini karena software tersebut membantu Anda dalam memantau sales distribution, logistic management, dan accounting system.

4. Retail

Industri retail merupakan sebuah bisnis yang melibatkan proses penjualan barang dan/atau jasa kepada konsumen. Saat ini, industri retail membutuhkan SAP untuk mengatur proses pembelian ke supplier, supply barang, proses pengiriman barang, dan pembelian.

5. Konstruksi

Bisnis yang bergerak di bidang infrastruktur ini ternyata juga bisa menggunakan SAP, lho. Apalagi kebutuhan terkait sarana dan prasarana saat ini sangatlah banyak.

Makanya, tak heran jika industri ini membutuhkan software dengan teknologi terbaru untuk mengelola bisnis mereka. Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan SAP Business One adalah proyek budget, proyek manajemen, waste manajemen, kontrol stok, cost calculation, procurement, hingga menyusun budget perusahaan.

6. Professional Service

Industri ini bergerak di bidang jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan iklan atau advertising. Misalnya, kebutuhan konten sosial media, packaging, spanduk, brosur, dan lainnya. 

Anda bisa menggunakan SAP ini untuk membantu proses penyusunan budget, penawaran, produksi konten, hingga melakukan planning kebutuhan iklan.

Perusahaan yang Menggunakan SAP Business One

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kini sudah semakin banyak perusahaan yang menggunakan SAP. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi dan kebutuhan bisnis yang semakin kompleks. 

Jadi, tidak heran jika para pemilik UMKM dan perusahaan skala menengah hingga atas mulai tertarik menggunakan teknologi yang satu ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh perusahaan yang menggunakan SAP Business One di Indonesia.

  • PT. Star Maju Sentosa (Planet Surf – Industri Retail)
  • PT. Eagle Indo Pharma (Cap Lang – Industri Manufaktur)
  • PT. Meprofarm (Industri Manufaktur)
  • PT. Black Bear Resources Indonesia (Industri Manufaktur)
  • PT. Anugrah Sukses Marine (Industri Trading dan Distribusi)
  • PT. Kinto Mandiri Indonesia (Industri Trading dan Distribusi)

Tertarik Menggunakan SAP Business One untuk Perusahaan Anda?

SAP Business One adalah aplikasi bisnis yang telah terintegrasi dengan Enterprise Resource Planning atau ERP. Aplikasi ini berhasil dikembangkan oleh SAP AE, yang mana SAP lebih ditujukan kepada pelaku UMKM dan bisnis kelas menengah hingga ke atas.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan SAP Business One, Anda perlu menentukan partner yang tepat dan mengerti pengimplementasian SAP Business One, ya. Pilihlah partner yang memang sudah berpengalaman dalam menggunakan aplikasi ini.

Kini Anda juga bisa menggunakan jasa dari Beone Solution. Penyedia jasa ini memiliki berbagai layanan sistem ERP yang Anda butuhkan untuk bisnis. Pelayanannya yang maksimal dengan pengalaman bertahun-tahun membuat Anda tidak perlu ragu lagi menggunakan jasa dari Beone Solution.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *