SAP

Apa Itu Sistem SAP dan Manfaatnya untuk Bisnis?

61 views
Thursday, December 29, 2022

SAP adalah sistem yang sering digunakan oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis. Systems Applications and Products (SAP) menawarkan solusi dengan menyediakan fasilitas untuk memproses data dan informasi penting bagi perusahaan.

Pada kesempatan ini, Anda akan mengetahui lebih detail mengenai pengertian SAP, produk dari SAP, dan apa saja manfaatnya untuk bisnis. Simak informasi selengkapnya di bawah ini, yuk!

Pengertian SAP

Sistem SAP atau Systems Applications and Products adalah sistem yang berbasis Enterprise Resources Planning (ERP). Sehingga, sistem ini mampu mengelola sekaligus menjalankan kebutuhan manajemen aktivitas harian bisnis dari sebuah perusahaan.

Pada mulanya, SAP berguna untuk menangani urusan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan atau sistem SAP akuntansi. 

Selanjutnya, sistem tersebut terus berkembang. Sehingga, sistem SAP sudah mampu menjalankan berbagai tugas. Diantaranya, yaitu manajemen penjualan dan produksi, mengontrol persediaan, pemantauan, menjaga keamanan data perusahaan, hingga melakukan pengolahan informasi.

Produk dari SAP

Berikut ini adalah 3 produk dari sistem SAP yang bisa Anda gunakan untuk bisnis, yaitu:

1. SAP Business Suite

Produk utama dari sistem SAP atau R/3 menyediakan program secara penuh yang disusun sesuai dengan keinginan calon pengguna atau full customise system serta menggunakan bahasa pemrograman sendiri, yaitu ABAP (Advanced Business Application Programming).

Untuk bisa menggunakan R/3, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar US$ 500.000  atau Rp7.796.500,00 untuk nilai tukar rupiah 1 dolar= Rp15.593,00. Selain itu, waktu implementasinya sekitar 1 tahun.

2. SAP All in One

Produk SAP yang kedua ini atau A1 yang merupakan turunan dari R/3. SAP All in One hampir sama dengan SAP Business Suite, namun sudah memiliki rangka best practice dan bahasa pemrograman ABAP.

Anda perlu membayar seharga mulai dari US$ 150.000 atau setara Rp2.338.950,00 dengan waktu implementasi minimal 6 bulan.

3. SAP Business One

Produk ketiga, yaitu SAP Business One atau B1 yang merupakan produk paling ekonomis dan sering perusahaan pilih. Selain itu, modul bisa digunakan untuk semua jenis perusahaan. 

Keunggulan lainnya sudah didukung oleh Add on modul, yaitu fleksibilitas program mengikuti bisnis proses dari pelanggan. Misalnya, modul financial accounting atau untuk sistem SAP akuntansi.

Nah, Anda perlu menyiapkan uang mulai dari US$ 30.000 untuk bisa menggunakan SAP ini serta waktu implementasi sekitar 3-6 bulan.

Manfaat Menggunakan SAP untuk Bisnis

Berikut ini adalah 7 manfaat yang akan Anda peroleh jika menggunakan sistem SAP untuk bisnis, yaitu:

1. Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Dengan sistem SAP, produktivitas bisnis dapat meningkat. Kondisi ini terjadi karena perubahan pasar akan cepat Anda ketahui. Sehingga, saat membuat keputusan penting, Anda sudah memiliki data akurat serta tidak menghambat produktivitas perusahaan.

2. Operasional Bisnis Menjadi Lebih Efisien

SAP mampu menangani banyak tugas, seperti mengontrol produksi, manajemen persediaan, serta melakukan pengolahan informasi yang berguna bagi perusahaan. Dengan demikian, kegiatan operasional bisnis menjadi lebih efisien dan praktis.

3. Meminimalisir Risiko Kecurangan

Sistem SAP memiliki modul yang sudah saling terintegrasi untuk menyajikan data yang akurat. Selanjutnya, data tersebut akan langsung diteruskan kepada pengawasnya. 

Selain itu, Anda juga bisa mengurangi kesalahan atau kelalaian yang terjadi. Misalnya, salah melakukan perhitungan jumlah persediaan atau yang lainnya. Sehingga, Anda bisa meminimalisir terjadinya resiko kecurangan, kelalaian, serta manipulasi informasi atau data.

4. Meningkatkan Keamanan Perusahaan

SAP berbasis ERP, sehingga bisa memberikan perlindungan data yang lebih aman, karena sudah ada sistem keamanan internal. Dengan demikian, kualitas dan akurasi data terjamin.

5. Mengurangi Biaya Operasional

Manfaat sistem SAP yang kelima adalah mampu mengurangi biaya operasional secara menyeluruh. Keuntungan ini bisa Anda nikmati, karena tidak perlu menambah biaya untuk kebutuhan berlebihan.

Sebagai contoh, Anda tidak akan terlalu banyak membeli barang persediaan, apabila melakukan manajemen persedian dengan baik. Sehingga, Anda bisa menghemat biaya.

6. Menawarkan Efisiensi Monitoring

Manfaat selanjutnya, yaitu SAP menawarkan efisiensi monitoring. Setiap perusahaan pasti membutuhkan monitoring untuk mengetahui kinerja setiap departemen bisnis. Dengan bantuan sistem SAP, Anda bisa melakukan monitoring hanya dengan satu alat serta sudah terintegrasi secara otomatis.

Ingin Gunakan SAP Terbaik untuk Bisnis?

Demikian informasi mengenai apa itu sistem SAP, produk, dan manfaatnya untuk bisnis. SAP Business One adalah produk yang paling ekonomis dan sering digunakan karena memiliki berbagai keunggulan untuk membantu menumbuhkan bisnis.

Selain itu, SAP Business One menjadi solusi terbaik, mulai dari bisnis kecil hingga menengah serta mampu menghemat biaya dan efisiensi kerja. Pilihlah partner berpengalaman untuk implementasi SAP Business One berkualitas, agar bisnis Anda berkembang mulai hari ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *