Bisnis

Software Akuntansi untuk UKM Mempermudah Kerja Pelaku Bisnis

17 views
Friday, November 27, 2020

Software akuntansi untuk UKM – Usaha Kecil Mandiri atau yang biasa disebut dengan UKM memiliki peranan yang penting dalam pengembangan Indonesia khususnya pada sektor ekonomi. Saat ini pengembangan UKM menjadi hal yang harus diperhatikan karena menyangkut berbagai aspek seperti pengembangan sumber daya manusia, modal, pendidikan, dan teknologi.

Peran teknologi dalam mengembangkan UKM yaitu membantu pelaku bisnis mempercepat produktivitas dalam suatu usaha akan mempengaruhi tingkat pendapatan. Sehingga untuk membantu mengatur pendapat atau hal yang berhubungan dengan keuangan, software akuntansi untuk UKM dapat menjadi pertimbangan sebagai alat untuk mempermudah para pelaku bisnis dalam membuat laporan keuangan.

Perangkat atau software yang sedang ramai dibahas untuk UKM adalah SAP Indonesia. Saat ini SAP Indonesia sedang berfokus pada  perusahaan kecil menengah, walaupun pada awalnya pengguna sistem SAP Indonesia dan global hanya perusahaan besar atau yang disebut Enteprise.

Namun dengan melihat jumlah perusahaan kecil menengah lebih besar dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar, SAP Indonesia kemudian menargetkan pasar ini dengan produk ERP yang diberi nama SAP Business One.

Aplikasi manajemen bisnis dari SAP ini memang sangat ideal bagi usaha berskala kecil maupun menengah. Selain itu, usaha pada perusahaan-perusahaan besar pun cocok mengaplikasikan program SAP Business One guna kebutuhan divisi maupun subsidarinya.

Pemakaian SAP Business One bertujuan untuk meningkatkan kendali bisnis berskala kecil hingga menengah menggunakan software yang dirancang agar ikut berkembang bersama.

Program SAP ini bisa mempersingkat semua proses utama perusahaan, dapat membuka wawasan yang berlebih dalam bisnis perusahaan, sekaligus mengambil semua keputusan bisnis dari informasi secara real time. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan pertumbuhan keuntungan perusahaan.

Apa itu SAP Business One?

SAP Business One mulai diperkenalkan SAP Indonesia sekitar 2005, namum baru 3 tahun setelah itu baru mulai banyak dikenal oleh para pebisnis kecil dan menengah Indonesia. SAP Business One merupakan perangkat lunak manajemen bisnis (ERP) yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah.

ERP yang merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning adalah sebutan untuk sebuah sistem integrasi yang dibuat oleh perusahaan untuk mendukung kegiatan operasional bisnis perusahaan sehari-hari dengan mengintegrasikan semua bagian/department yang ada pada perusahaan supaya semua bagian/department tersebut dapat bekerja sama secara effektif dan efisien untuk mencapai objektif atau target perusahaan.

Baca Juga: Industri 4.0 dan Society 5.0: Seperti Apa Bentuknya?

Sebagai solusi SAP, ini bertujuan untuk mengotomatisasi fungsi bisnis utama di Keuangan, Penjualan & Peluang Usaha, Pembelian & Rantai Pasokan, Perencanaan Produksi & Pengendalian Persediaan, Manajemen Proyek, dan Analisis & Intelijen Bisnis.

Apa manfaat software akuntansi UKM ini?

1. Dapat melihat Laporan Stok dan Penjualan dengan mudah

Layanan atau aplikasi yang berkaitan dengan sistem ERP ini memberikan kemudahan bagi pelaku usaha kecil selain dapat mengatur penjualan dan stok barang secara real time, namun barang yang masuk dan keluar dapat terkelola dan terpantau.

2. Menyusun data transaksi

Mulai dari pemesanan sampai penerimaan barang yang dipesan, semua status transaksi dapat terekam secara rinci, aktual dan lengkap dalam hanya satu program SAP. Selain itu, proses cetak dokumen kegiatan transaksi bagi mitra dapat dilakukan dengan mudah dan cepat karena aplikasi ini telah dilengkapi oleh fitur laporan penerimaan barang dan cetak faktur.

3. Pemilik Bisnis dapat melihat laporan online

Software akuntansi untuk UKM ini didesain agar dapat diakses dengan cara real time hanya menggunakan koneksi internet, dengan begitu dapat membantu pelaku bisnis mendapatkan informasi usahanya dari kapan saja.

4. Tidak membutuhkan waktu lama untuk implementasinya

Dikarenakan sudah terintegrasi lewat berbagai macam fitur operasional bisnis, maka implementasi sistem SAP tidak membutuhkan waktu lama. Data dapat ter-update secara otomatis apabila pengguna menginputkan data melalui platform SAP ini.

Dengan beberapa informasti diatas dapat disimpulkan bahwa saat ini perkembangan UKM terutama pada teknologi telah dipermudah dengan adanya software bisnis untuk UKM yang mendukung untuk menjalankan laporan keuangan. Hal ini dapat meningkatkan performa UKM agar lebih maju lagi kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *