Teknologi

Industri 4.0 dan Society 5.0: Seperti Apa Bentuknya?

11 views
Friday, November 27, 2020

Dewasa ini, kita sering mendengar istilah industri 4.0 dan society 5.0. Entah itu di berita, media sosial, atau pun platform penyedia informasi online lainnya, keduanya sering dibahas secara berkaitan karena memiliki keterkaitan satu sama lain.

Lantas seperti apa industri 4.0 dan society 5.0 itu? Di artikel kali ini, kami akan membahas bentuk dari keduanya dan mengapa keduanya saling berkaitan.

Latar belakang industri 4.0

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan industri 4.0? Revolusi industri 4.0 adalah pemanfaatan teknologi digital dan komputer di bidang industri, manufaktur, dan kehidupan secara umum.

Dalam fase ini, revolusi teknologi berkembang pesat, dapat dilihat dari kemunculan teknologi manufaktur yang terhubung dengan cyber-physical system yang menggunakan internet sebagai sistem transfer data yang memungkinkan manufaktur untuk beradaptasi dengan cepat terhadap kebutuhan pasar.

Perlu diketahui sebelumnya, manufaktur adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual.

Konsep Industri 4.0 pertama kali muncul di Jerman pada tahun 2011 dalam proyek pemanfaatan teknologi komputer dalam bidang manufaktur. Ide utama dari konsep ini adalah untuk pemanfaatan potensi teknologi baru seperti: Internet of things, digital mapping, smart factory dalam konteks produksi industri dan produk yang “smart”.

Konsep-konsep baru ini akan dimanfaatkan untuk mencapai tujuan interkoneksi dan transparansi informasi dalam hal manufaktur serta perkembangan teknologi, dan juga membantu manusia dalam pekerjaannya.

Baca Juga: 5 Software Akuntansi yang Paling Sering Digunakan di Indonesia

Konsep dari society 5.0

Jika industri 4.0 berasal dari Jerman, istilah society 5.0 sendiri berasal dari Jepang. Kemunculan society 5.0 ini dilatar belakangi untuk menyelesaikan permasalahan yang hadir di industri 4.0, seperti tidak seimbangnya perkembangan teknologi dan kesejahteraan masyaraka, masih terlihat jarak antara teknologi dan manusia.

Oleh sebab itu tujuan dari society 5.0 adalah untuk menghapus batasan antara manusia dan teknologi, untuk mewujudkan masyarakat di mana orang menikmati hidup sepenuhnya.

Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi yang berfokus pada aspek kemanusiaan merupakan tujuan konsep ini, namun bukan hanya untuk kemakmuran segelintir orang, tetapi untuk seluruh manusia.

Meskipun Society 5.0 berasal dari Jepang, tujuannya bukan hanya untuk kesejahteraan satu negara. Kerangka kerja dan teknologi yang dikembangkan di sini tidak diragukan lagi akan berkontribusi untuk menyelesaikan tantangan masyarakat di seluruh dunia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang industry 4.0 dan society 5.0, kita perlu mengetahui karakteristik kedua hal tersebut:

Hal-hal yang perlu diketahui dalam industri 4.0

  • Penggunaan Cyber-Physical system
  • Penggunaan Internet of Things (IoT) dan teknologi internet dalam segala aspek kehidupan
  • Meningkatnya penggunaan sistem komputer untuk berbagai kebutuhan manusia
  • Cognitive Computing permulaan kemunculan AI(Artificial Intelegent)
  • Semakin banyak automatisasi dalam bidang pekerjaan

Bentuk kehidupan di society 5.0

  • Sebuah tahap peradaban manusia yang didukung oleh kemajuan teknologi dan inovasi
  • Society 5.0 memiliki karakteristik terfokus pada aspek kemanusiaan dan menjadikan titik tumpu perkembangannya, terbuka, berkelanjutan dan inklusif. Serta didorong kuat oleh banyak percobaan untuk terus meningkatkan kehidupan.
  • Kesempatan untuk semua orang agar dapat meningkatkan kualitas hidupnya
  • Membuat kerangka untuk seluruh bagian masyarakat untuk berkolaborasi dan berfokus pada tujuan yang sama untuk masa depan umat manusia
  • Society 5.0 tidak mempriortiaskan kemajuan teknologi dan ekonomi yang akan berpihak pada ahli tertentu. Tetapi memprioritaskan kemajuan seluruh bidang di masyarakat dan tidak bersifat ekslusif

Kesimpulannya, society 5.0 merupakan upaya manusia untuk membuat kemajuan teknologi, ekonomi, dan kehidupan yang nyaman secara inklusif. Perubahan dari industri 4.0 dan society 5.0 akan dimulai dari terfokusnya kita sebagai manusia untuk mencapai kemajuan bersama, berdampingan bersama teknologi yang sudah berkembang. Langkah tersebut masih jauh, namun tanpa kita sadari pasti tahap tersebut akan datang dengan cepat.

Itu sebabnya menyesuaikan diri merupakan hal wajib untuk dilakukan, apalagi jika bisnis yang Anda jalankan sudah menggunakan teknologi. Diperlukan tenaga ahli yang memang berpengalaman untuk membawa bisnis kita ke arah teknologi terkini yang serba bisa seperti sekarang ini.

Sudah memantapkan niat untuk beralih pada pihak industry 4.0? Pilihan yang bagus tentu saja, tapi takut dengan resiko era teknologi baru ini? Tenang saja, percayakan pada para ahli berpengalaman yang terbaik di bidangnya, BeOne Solution, adalah perusahaan IT Solution yang berkembang pesat yang membantu perusahaan untuk mencapai dan menjalankan dengan praktik terbaik dalam operasi bisnis.

Pastinya dengan memanfaatkan solusi SAP, IoT, machine learning dan juga teknologi analitik canggih, kami siap membantu mengubah bisnis pelanggan sekalian menjadi perusahaan cerdas. Dengan fokus bisnis kami, konsultan yang berpengalaman, dan layanan yang sangat baik, kami memungkinkan pelanggan kami untuk beroperasi secara menguntungkan, terus beradaptasi, dan memimpin dalam persaingan bisnis saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *