Teknologi

Bagaimana Dunia Jadinya Jika Semua Dilakukan dengan Robot atau Otomatisasi Bertebaran? (2020 – Sekarang)

78 views
Friday, March 5, 2021

Pengembangan teknologi ini bukan lagi sebuah tren melainkan sekarang adalah sebuah kebutuhan yang akan dimanfaatkan oleh manusia lainnya, dengan kata lain teknologi ini memang semakin dibutuhkan oleh kebanyakan manusia.

Manusia yang merasa terancam dengan kemampuan teknologi ini adalah seseorang yang tidak mau menerima kemajuan teknologi tersebut. Beberapa tugas yang manusia bisa kerjakan mungkin akan tergantikan dengan tugas robot atau AI (Artificial Intelligence).

Pekerjaan yang dapat diambil oleh robot atau mesin yang ter’makan’ oleh AI (Artificial Intelligence) seperti untuk pengisian atau membeli kartu yang ada di stasiun kereta yang biasanya di layani oleh manusia sekarang digantikan oleh mesin.

Sumber: Google

Sebesar 44% kemungkinan pekerjaan manusia dapat diambil alihkan oleh robot.  Mengunakan mesin ini selain memudahkan pekerjaan manusia kecepatannyapun diatas rata-rata kemampuan manusia. Seperti contohnya kalkulator, mixer dan alat lainnya.

Tapi bukankah alat semua itu diciptakan memang untuk membantu kemudahaan pekerjaan manusia?

Mengapa kita harus terancam dengan adanya teknologi yang diciptakan untuk kemudahaan manusia tersebut?

Yang merasa terancam seharusnya adalah manusia yang tidak mau mengikuti perkembangan dan tidak mau belajar teknologi apa saja yang bisa membantu pekerjaan manusia tersebut.

“Bukan manusia yang di ambil alih oleh robot, tapi manusia yang mengendalikan robot untuk mempermudah pekerjaan manusia.”

Lalu Bagaimana kita menghadapi pekerjaan yang akan diambil alih oleh robot tersebut?

Salah satu sikap yang harus kita miliki saat itu semua terjadi adalah beradaptasi dan menerima perkembangan teknologi tersebut. Terus mempelajari teknologi yang sedang berkembang juga perlu dilakukan supaya tidak ketinggalan zaman.

Selalu ‘haus’ akan kemampuan yang kita belum diketahui juga penting. Dengan begini akan ada rasa penasaran dan kemampuan akan bertambah karena semakin banyak hal baru yang akan anda pelajari.

Bisa saja Anda memiliki ide lainya yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia tersebut. Manusia dan teknologi bisa hidup berdampingan dengan damai karena saling membutuhkan.

Manusia membutuhkan ‘otak’ robot untuk mempermudah pekerjaan dan robot membutuhkan manusia untuk merawatnya.

Baca juga : 5 Keuntungan Memakai Sistem ERP untuk Perusahaan

Dengan kemampuan AI (Artificial Intelligence) memiliki kemampuan yang lebih akurat dan tepat dalam pengerjaannya. Contohnya saja teknologi pencarian google yang sudah lama digunakan, jika kita mencari data dengan manual dengan bantuan google tersebut pekerjaan manusia akan lebih cepat selesai karena kita hanya perlu mencari data yang diinginkan melalui search bar google tersebut dan data sudah tersaji dengan berbagai sumber.

Sumber: Google

Mau-tidak mau kita akan hidup berdampingan dengan perkembangan teknologi yang semakin banyak bahkan semakin canggih. Dengan begini manusia akan selalu membutuhkan tenaga robot untuk membantu pekerjaan semakin cepat dan mudah.

Kebutuhan bisnis juga akan mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi, pertemuan yang sudah dapat dilakukan dengan online, dokumen yang dapat di kirimkan melalui email dan juga pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah atau dengan jarak jauh asalkan ada internet.

Sudah tidak ada lagi alasan untuk manusia malas dalam bekerja karena semua teknologi ini diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dengan kata lain manusialah sering kali hanya memikirkan apa yang ingin dilakukan tidak ada action sama sekali akhirnya mimpi itu tertanam lagi.

Baca juga : Bagaimana Nasib teknologi Cloud di Masa Depan?

Dengan berpikiran kalau teknologi semakin berkembang dan dunia semakin maju, kita tidak mungkin hanya diam saja melihat dunia yang berputar kencang didepan mata kita, turut ikut ambil alih dalam menciptakan dunia yang maju juga menjadi suatu kembangan tersendiri.

Jika ada 10 orang yang ikut bergabung dalam menciptakan teknologi yang kekinian maka akan tercipta hal yang baru dan dapat digunakan oleh banyak orang. Maka akan ada banyak orang yang terbantu dalam menyelesaikan pekerjaannya. Apalagi jika banyak orang yang ikut dalam maka akan tercipta teknologi yang luar biasa hebatnya.

Walaupun kita terancam dengan ‘kehidupan robot’ atau otomasisasi yang akan dibangun bersama manusia, secanggih apapun mesin manusia akan selalu dibutuhkan.

Dengan ide, tenaga dan bantuan manusialah robot bisa diciptakan. Semakin tertutupnya beberapa peluang pekerjaan tersebut anda mempunyai peluang untuk menjadi bagian manusia yang menciptakan kecanggihan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *