Tips & Trick

5 Tips Membangun Bisnis dari Negeri China

199 views
Thursday, February 18, 2021

Memiliki mindset yang lebih kepada Analisa dan strategi yang logis ini didapat dari nenek moyang yang dahulu kala. Tidak selalu harus pintar membangun bisnis yang terpenting adalah mau berusaha dan melakukan yang terbaik untuk bisnis yang sedang anda bangun.

Dalam bisnis bukan hanya tentang menjual saja tapi juga dapat mengatasi krisis dimana bisnis sedang dalam keadaan tidak stabil dan cara membangkitkannya pun ada berbagai macam cara yang bisa digunakan namun solusi untuk masalah yang tepat jarang ditemukan.

Strategi yang penuh perhitugan dan logika ini memudahkan etsnis Tionghoa berjualan apalagi dihuni oleh penduduk yang padat dan memungkinkan setiap harinya menemukan banyak orang juga ini membuat transaksi bisnis yang adalah hal yang biasa.

1. Kehidupan Bersosialisasi

Tokyo, Shibuya
Sumber: Google

Dengan lingkungan yang dihuni oleh banyak penduduk dan sikap penduduk yang berbeda ini membuat mereka belajar menghadapi sesuatu yang krisis karena tuntutan kehidupan.

Selain itu dengan bertemunya banyak orang ini membuat mereka menemukan berbagai kisah dan belajar dari pengalaman orang lain maupun belajar mengambil resiko yang harus dihadapinya.

Banyaknya kenalan ini membuat mereka banyak networking dalam menjalani bisnis dan mendapatkan pendapat dari berbagai macam sudut pandang.

2. Berhemat

Sumber: Google

Etnis Tionghoa juga diajarkan untuk selalu berhemat sedari kecil. Kehidupannya yang sederhana sudah tidak asing lagi dilihat di negara panda ini. 

Dalam menjalani bisnis juga seharusnya kita menghemat untuk mengeluarkan uang untuk membelikan barang yang lebih membutuhkan untuk memajukan bisnis. 

Baca juga : Pandemi Bukan Saatnya Berkecil Hati, Es Teh Indonesia Telah Membuktikannya

Seperti membeli sistem ERP untuk membuat bisnis anda lebih mudah terpantau, mempromosikan produk anda, membayar para pegawai anda atau memberikan bonus jika mengalami kenaikan yang spesipik dalam penjualan, dan membeli bahan yang berkualitas untuk produk anda.

Ada satu hal yang dipegang erat oleh etnis Tionghoa ini yaitu tidak pernah memberikan atau meminjam uang dari orang lain. Tidak selamanya mengutang ini akan menyelesaikan masalah, berhutang ini dapat membuat masalah dikemudian harinya jika tidak dibayar.

3. Bekerja Keras

Sumber: Google

Tidak hanya itu etnis Tionghoa ini juga di ajarkan bagaimana caranya bekerja keras untuk mencapai mimpinya. Yang terpenting adalah mengusahakan semuanya semaksimal mungkin.

Berbisnis juga etnis tionghoa ini menanamkan bahwa semua yang di kerjakan dengan maksimal akan membuahkan hasil yang maksimal juga.

Buat scenario dalam 5-10 tahun kedepan untuk bisnis anda yang sedang jalani sekarang juga berguna untuk terus mengevaluasi bisnis anda. Dengan begini anda akan memahami bagaimana kekurangan dan kelebihan bisnis anda itu sendiri.

Baca juga : Bagaimana Nasib teknologi Cloud di Masa Depan?

4. Mencatat Semua Keuangan

Sumber: Google

Semua hal yang bersangkutan dengan uang seharusnya dicatat, entah itu pengeluaran ataupun pemasukan. Dengan begini anda tahu kemana uang yang anda sudah keluarkan untuk membuka bisnis. 

Selain itu juga pencatatan ini berguna untuk menghindari yang begitu besar dalam menjalani bisnis. Dapat juga mengontrol pembayaran pajak yang digunakan untuk menjalani bisnis.

 Apalagi semakin besar bisnis yang anda Kelola semakin teliti juga anda harus mengelola keuangan tersebut. Barulah bisnis bisa berjalan dengan lancar apabila keuangan di siapkan dengan matang juga.

5. Motivasi

Sumber: Google

Bukan hanya ingin kaya, namun ada motivasi yang besar untuk membuat mereka berusaha lebih keras dari biasanya. Entah karena keadaan keluarganya, cita-cita yang tinggi atau terinspirasi seperti kisah sukses Jack Ma atau tokoh sukses lainnya. 

Dengan Pendidikan yang tinggi dan ilmu yang banyak mereka bisa mengambil Tindakan yang tepat dan strategi yang matang untuk membangun bisnis tersebut.

Baca juga : Rp. 0,- Strategi Bisnis dilakukan Bob Sadino

Sejujurnya semua ini adalah sikap dasar yang dimiliki setiap manusia. Tinggal bagaimana kita dapat mengaplikasikannya saja. Selain itu juga banyak bersosialisi ini memang banyak manfaatnya untuk bisnis anda tersebut.

Selain gampang tersebar memiliki networking juga dapat membuat bisnis anda dapat memiliki sales secara tidak langsung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *